5 Nasihat untuk Kaya Berlipat-Lipat Ala Warren Buffet

Ada rumor bahwa Warren Buffet adalah penyihir finansial. Pasalnya,perusahaan manapun yang ia berikan investasi memiliki kemungkinan sangat besaruntuk tumbuh sukses. Tercatat, kekayaannya saat ini senilai 80 biliun dolar.Jumlah yang fantastis, dan menjamin kekayaan hingga belasan turunan.

Tapi seperti yang kita tahu, tidak ada sihir di dunia nyata.Yang ada hanya watak dan cara hidup yang dimulai sejak dini. Warren Buffettelah menjalankan lima nasihat di bawah ini sejak masa mudanya demi mencapaiposisinya sekarang. Nah buat Anda yang baru mulai berinvestasi, lima nasihatini sangat perlu Anda simak.

1. Singkirkan Mindset “Kaya Dulu Baru Investasi”

Kerap dianggap sebagai profesi “orang yang sudah kaya”,sebenarnya investor juga pekerjaan biasa. Dalam arti, semua investor memulaidari bawah. Jika harta Anda masih sedikit, Anda bisa memulai menginvestasikanharta Anda dalam jumlah kecil. Ini untuk melatih otak Anda menilai manainvestasi yang bagus atau tidak. Juga, agar mental Anda tidak mudah kagetketika sudah bermain dengan angka besar suatu hari Anda. Kalau yang kecil-kecilsaja tidak pernah, kapan besarnya?

2. Efisienlah dalam Menggunakan Modal

Ingat, kerja investor tidak cuma menanamkan modal lalu dudukdiam. Ada masanya kita harus terus mengawasi kinerja perusahaan yang kitatanami saham. Apabila kinerjanya mulai merosot, segera jual saham tersebutsebelum mendatangkan kerugian yang lebih besar bagi Anda!

3. Jangan Sekali-kali Berutang pada Bank untuk Investasi

Pahit memang, tapi keuntungan dari bisnis investasi bersifattak pasti. Sebab itu, jangan sekali-kali menggunakan dana yang pasti bertambahcicilannya untuk berinvestasi—terutama utang pada bank. Bayangkan, ada sejumlahbunga yang harus dibayar dan terus bertambah. Sementara, keuntungan dariinvestasi belum tentu ada di tangan saat itu. Jika rugi, yang Anda temui cuma titikbuntu.

4. Teruskan Gaya Hidup Sederhana

Investasi Anda mulai berbuah? Jangan mudah terlena. Adanyakeuntungan tambahan bukan berarti kelengahan untuk foya-foya. Untuk mencapaiposisi Warren Buffet saat ini, Anda harus berlatih menahan hawa nafsu danmemutar keuntungan yang didapat untuk memperoleh lebih banyak lagi. Jadi,jangan sampai ada uang diam atau bahkan keborosan.

5. Bersedekahlah

Satu hal yang menjadi ciri khas Warren Buffet adalah, beliausangat ringan tangan dalam memberikan charity alias sumbangan pada yang kurang mampu. Ia percaya, dengan cara inilahseseorang menginvestasikan amal kepada kemanusiaan. Jangankan berkurang, yangada jumlah itu akan kembali pada Anda berkali lipat banyaknya.

Nah, itu tadi nasihat dari salah satu orang terkaya di dunia.Terinspirasi?


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *