7 Kebiasaan Efektif Orang Sukses

Sukses berawal dari kebiasaan. Hal lain yang berpengaruh adalah cara pandang terhadap dunia.

Banyak orang yang ingin mengubah diri menjadi lebih baik, tetapi gagal. Hal ini karena dia tidak berusaha mengubah cara pandangnya yang juga berhubungan dengan kebiasaan. Untuk bisa mengubah keadaan, dia harus bisa mengubah kebiasaannya. Untuk bisa mengubah kebiasaan, dia harus mengubah cara pandangnya.

Berikut adalah 7 kebiasaan efektif yang mengantarkan seseorang menuju kesuksesan.

1. Proaktif

Orang sukses memiliki cara berpikir proaktif. Cara berpikir proaktif adalah rasa bertanggung jawab dalam kehidupannya. Orang proaktif akan berfokus pada hal-hal yang bisa dilakukannya untuk mengubah keadaan.

Jika mendapat masalah, orang proaktif akan berpikir, “masalah ini terjadi karenaku, maka aku pasti juga bisa mengatasinya.”

2. Mulai Dengan Akhir

Menanyakan hal yang ingin kita capai adalah penting agar sukses. Untuk bisa memulai dengan akhir, kita harus bisa mengetahui kencenderungan kita karena ia memengaruhi keputusan, tindakan, motivasi serta interpretasi kita terhadap suatu kejadian. Maka, kecenderungan yang paling baik adalah kencederungan pada prinsip.

Galilah prinsip yang paling penting dalam hidup dan tidak akan berubah. Lakukan dengan cara:

  • Bayangkan kita hanya memiliki 30 hari untuk hidup. Apa saja prioritas yang akan Anda pilih?
  • Pisahkan peran Anda dalam hidup, seperti dalam pekerjaan, keluarga, atau masyarakat. Lalu, tentukan minimal 3 hal yang ingin Anda capai dari tiap peran itu.
  • Tuliskan apa saja yang paling menggelisahkan bagi Anda dan bagaimana Anda mengatasinya.

3. Prioritaskan Hal Penting Dulu

Mencurahkan seluruh perhatian kita pada hal mendesak, seperti krisis, hanya akan membuat kita stres karena krisis akan terus bertambah. Maka, lakukan hal yang penting dahulu, seperti membangun relasi, perencanaan jangka panjang, latihan, persiapan dan hal-hal mendasar lainnya.

Tuliskan apa saja hal penting yang terlupakan. Lalu, buat jadwalnya.

4. Berpikir Win-Win

Untuk bisa berpikir win-win, fokuslah pada hasil, bukan cara; fokus pada masalah, bukan orang.

Lakukan dengan:

  • Tuliskan apa saja yang paling dibutuhkan orang. Lalu, tuliskan cara bagaimana kita dapat memenuhi setiap kebutuhan itu.
  • Tuliskan 10 cara yang bisa membuat Anda memberi lebih pada relasi penting yang Anda miliki.

5. Memahami Agar Dipahami

Cara untuk melakukannya adalah dengan:

  • Perhatikan orang yang sedang berkomunikasi. Tuliskan apa yang terjadi dalam komunikasi itu sesuai dengan penglihatan Anda.
  • Saat melakukan presentasi, mulai dengan masalah yang sedang dihadapi audien. Lalu, tawarkan hal yang Anda miliki untuk membantu mereka.

6. Bersinergi

Bersinergi berarti Anda berusaha memahami cara pandang kawan dan lawan Anda. Hal ini dapat membuat Anda menemukan solusi terbaik untuk semua orang.

7. Mengasah Potensi Diri

Setiap orang terlahir sukses karena Tuhan telah membekali manusia potensi kesuksesan tersebut. Kita perlu mengasah potensi kita yang berupa, potensi spiritual, fisik, mental dan emosi dengan cara beribadah, berolahraga, banyak membaca dan membantu sesama.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *