Awas – Sosis Babi dan Borax – Beredar di Sekolah dan Kampung

BintangTop.com – Sosis yang dulu hanya dijual disuper market dengan harga relatif mahal, kini marak dijual murah meriah dipasar , sekolah bahkan keliling kampung dengan gerobak dorong. Tinggal gorengbeberapa menit di gerobaknya … sosis sudah siap dimakan para pembelinya.Terutama … anak-anak mana yang tahan dengan enaknya sosis. Laris manis …
Inilah yang perlu diwaspadai, dimanaharga sosis yang seharusnya mahal bisa menjadi murah dan harganya punterjangkau oleh anak Sekolah Dasar ?


Mahalnya harga sosis tidak luputdari faktor sangat mahalnya daging sapi, maka beberapa oknum  penjual nakal memutar otak untuk menghasilkansosis harga murah sekaligus merengkuh keuntungan berlipat dan menghindarikerugian jika dagangan tak laku.
Awas - Sosis Babi dan Borax - Beredar di Sekolah dan KampungSozis – Ilustration onlyYakni … dengan membuat sendirisosis dari daging BABI, dimana daging babi cukup murah meriah harganyadibanding daging sapi.
Dari investigasi yang dilakukan,salah satu penjual mengaku sudah berjualan sejak tahun 2011 sosis buatansendiri dari daging babi yang ia beli dari pasar – pasar.
Dalam pembuatannya dia menggunakan …

–         Daging babi, selain ada risiko cacing pita, dilansiroleh daily mail bahwa sosis daging babi 10 % nya berisiko mudah menginfeksivirus hepatitis serta merusak kesehatan hati/liver. Virus ini baru mati jikadipanaskan minimak 20 menit, padahal para penjual biasanya hanya menggoreng 5menit ?-         Tepung dan Pewarna-         Penyedap rasa yang dosisnya sampai bisa menghilangkanaroma Babi.-         Borax, sebagai pengawet agar tetap bisa dijual ulangsaat tidak laku.
Penyedap rasa yang berlebihan sertaBorax yang sejatinya bahan kimia untuk pengontrol serangga dan campuranpengelasan logam serta pengawet kayu, tidak patut untuk masuk ke dalam tubuhmanusia yang kedepannya dapat menimbulkan gangguan kesehatan.
Penjual yang sebelumnya kulibangunan tersebut mengakui bahwa yang dilakukan adalah menjual makanan harambagi para konsumen yang rata-rata muslim, karena itu dia melarang keluarga dansaudaranya sendiri untuk mengkonsumsi sosis buatannya. Semua dilakukan atasdasar alasan kepepet dengan ekonomi sehingga menemukan cara diatas sebagaipekerjaan yang cukup mudah dan menguntungkan.
Dari 5 sampel yang dikumpulkan secara acak dari super market, pasar,dan penjual keliling … kemudian di test dalam laboratorium Sucofindo …

Hasilnya :

3 dari 5 sampel – posistifmengandung daging Babi. termasuk yang bermerk dari super market.4 dari 5 sampel  – menggunakan pewarna Benzoat namun masihdalam ambang batas yang dibolehkan.Sampel lainnya – positifmengandung Borax.
Semoga para penjual yang curangdalam mengorbankan risiko  kesehatankonsumen dan pelanggannya sendiri … diberi kesadaran dengan cara mencari rizkiyang halal
Mungkin hanya sebagian yang mengunakancara curang diatas, sayangnya secara kasat mata sulit untuk mebedakan antarasosis daging sapi asli dengan yang Babi, maka …

Setidaknya kita perlu waspada, misalnyasebaiknya beli sosis yang dapat dibaca daftar kandungannya atau mungkin parasobat tertarik untuk bikin sendiri sosis di rumah ? SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *