Bahaya EMPING – Mlinjo dengan Bahan kimia Anti Serangga

BintangTop.com – Emping Melinjo Salah satu camilan khas – sejeniskeripik yang gurih dan kriuk, kesukaan banyak orang, ternyata tak luput daribahaya bahan beracun dalam proses produksinya.Hasil investigasi yang dilakukanpada beberapa produsen Emping atau Mlinjo / Blinjo menunjukkan bahwa Buahmlinjo sebelum dijadikan camilan emping telah dicampur dengan bahan kimia antiserangga.Kemudian dari produsen, Empingyang sudah di goreng di kemas dalam plastik kiloan s/d 5 kiloan, di setorataupun diambil oleh distributor untuk dijual ke para toko dan konsumenlainnya.
Buah mlinjo umumnya dipanen 3xsetiap tahun, namun harganya menjadi naik turun sesuai musimnya. Hal inimendorong produsen Emping/ Blinjo  untukmembeli dalam jumlah yang besar buah mlinjo tersebut saat musim panen agarmendapatkan harga murah, dan saat tidak musim panen dimana harga mlinjo naik ..mereka tidak perlu kawatir karena masih memiliki banyak persediaan.
Bahaya EMPING – Mlinjo / Blinjo dengan Bahan kimia Anti SeranggaSalah satu produsen yang diinvestigasi mengaku menyimpan buah mlinjo sampai dengan hitungan Ton untukjangka waktu s/d 1 tahun.
Dari sinilah Masalah mulai timbul …

Bahwa setelah sekitar 1-2 bulan,buah mlinjo akan busuk dan rusak akibat di makan kutu/serangga.Maka dari itu, dari sesamaprodusen Emping, mereka saling sharing Tips Trik untuk membuat buah mlinjotersebut bisa awet dan tahan s/d 1 tahun, yaitu dengan cara …– Adayang Menaburkan Obat anti Serangga pada seluruh buah mlinjo dan diaduksampai rata.(Padahal Obat ini sebenarnyadipakai petani untuk disemprotkan pada tanaman dalam menangkal serangga).– Adayang Menaburkan kapur serangga dan kapur barus / kamper.

(Padahal kapur serangga ini untukkeperluan rumah tangga dalam menangkal semut dan kecoa, serta kapur barus untukmengharumkan almari pakaian).
Al hasil dengan cara diatas … Buah mlinjo mereka cukup aman dariserangan kutu dan serangga serta bisa Awet sampai dengan 1 tahun.


Karena belum pernah ada penelitiankhusus untuk efek dari taburan obat kimia beracun pada buah Blinjo ini …Maka …Team investigasi melakukan 2 experiment, Sebagai Berikut


A. Pengujian bahan obat anti serangga serta kapur anti serangga, ditaburkan pada sejumlah jangkrikdalam wadah, hasilnya semua jangkrik kejang-kejang kemudian lumpuh dan mati.Bahan kimia terkandung adalahjenis carbaryl – karnosigen tingkat III yang mampu menembus syaraf lebih cepat.
B. Pengambilan 8 Sample secara acak dari beberapa produsen dan tempatlainnya.

Kemudian di test di laboratoriumSucofindo, Hasilnya …8 sampel Emping Melinjo … semua positifmengandung bahan kimia carbaryl / Anti Serangga.
Efek pada manusia mungkin tidaksecara langsung seketika, namun dalam jangka panjang bila orang sering terpapar,terhirup, atau menelan bahan kimia carbaryl tersebut maka akan mencetuskanbahaya kanker / penyakit dalam lainnya.
Tips membedakan Emping alami dan yang mengandung bahan kimia antiserangga ??

Ternyata sulit dibedakan …dari salah satu produsen yangmengaku tidak mau mengkonsumsi produk empingnya sendiri mengatakan .. bahwaEmping yang berbahan obat kimia serangga rasanya lebih Getir daripada yangalami.
Demikian sharing aneka bahayamakanan beracun via BintangTop.Com … salah satunya  tentang bahaya Emping / mlinjo dengankandungan racun anti serangga.

Hanya bisa berharap … Bahwa masih lebih banyak produsenyang bersedia memikirkan kesehatan konsumen dan tidak sekedar memikirkankeuntungan semata … serta semoga pemerintah bisa lebih memperhatikan hakkonsumen semisal dengan cara memberikan regulasi yang tepat sasaran bagi paraprodusen pangan. SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *