SEPEDA dari KAWAT – Belajar Membuat Kerajinan MINIATUR

Kerajinan miniatur sangat menarik banyak perhatian orang,berbagai minatur bahkan menjadi andalan export ke luar negeri dan menambahdevisa Negara.Adakah para sobat BintangTop.com yang tertarik untuk belajarmembuat kerajinan bidang ini ? atau sekedar untuk hiasan pribadi di rumah ? Maka miniature sepeda onthel dibawah ini adalah cocok untukmemulai belajar kalian.
Belajar MembuatKerajinan Miniatur Sepeda Ontel dari Kawat


Persediaan Alat danBahan :

a. Kawat aluminium atau kuningan diameter 1 mm, panjangcukup 1/2 meter.atau untuk belajar, gunakan saja kawat tembaga (termurah)bahkan pada contoh gambar adalah memakai bekas kawat las TIG diameter 1mm 🙂 .b. Tang cucut / buaya dan Tang potong (atau gunakan tangkombinasi).c. Solder dan timah roll.d. Penggaris dan spidol.
Cara Membuat Sepedaengkol dari kawat

Belajar Membuat Kerajinan Miniatur Sepeda Ontel dari Kawat

1. Pembuatan partsepeda

Sepeda di buat dari beberapa komponen yang kemudiandirangkai menjadi satu, ukur dan tandai kawat untuk dipotong sesuai ukuran berikut :– 2 buah ban,                                                            kawat panjang 19 cm dibentuk lingkaran menjadi diameter 6cm, caranya gunakan kaleng atau gelas atau tabung lain untuk membantu menekukkawat agar menjadi lingkaran yang rata bagus.- Rangka utama, kawat panjang 19 cm dibentuk / ditekuk menjadi trapesiumdengan ukuran panjang 4 cm, panjang satunya 1cm, dan tinggi trapesium adalah 7cm.- 2 buah garpu / pemegang roda, Garpu depan model lurus, kawat panjang 8 cm ditekuk rapatpas dibagian tengah, kawat menjadi dobel dengan panjang 4 cm.Garpu belakang berbentuk V, kawat panjang 16 cm ditekukdobel membentuk huruf “V” tinggi 4 cm
roda dan garpu belakang sepeda
– Dudukan / sadel dibentuk segitiga dengan panjang 2 cm xlebar 1,5 cm.- Roda gigi / Lingkar rantai depan diameter 1,5 cm (dioffset dobel) dan lingkar rantai belakang diameter 1 cm.- Rantai, bentuk oval dengan panjang 4,5 cm.- Stang kemudi panjang 4 cm (model bisa sesuai selera)- 2 buah ontel, panjang arm 1,6 cm dan stepnya 0,5×0,6 cm.- Stand guard / penopang sepeda, kawat 4 cm lalu ujungnya ditekuk 60 derajat sepanjang 1 cmsaja.
roda gigi rantai dan sadel sepeda
2. Merangkai sparepart

Masing masing komponen disambung atau ditempelkan dengancara menyolder.- yang pertamadipasangadalah garpu depan dan garpu belakang pada masing masingrodanya. Garpu dibuat dobel agar bisa menjepit roda, ujung garpu harus pasdibagian pusat lingkaran roda, kemudian kawat yang bersinggungan silakan disolder.- yang kedua, lanjutkan memasang rangka utama dengan menyolder pada garpudepan dan garpu belakang. Pada langkah ini sepeda sudah kelihatan bentuknya.- langkah ketiga,Adalah tinggal pemasangan part kecil dan aksesorisnya, yaitusadel, stang kemudi, rantai, 2 ontel dan terakhir stand guard penopang sepedadi sisi kiri.
3. Finishing

Haluskan sisa sisa sambungan solder dengan amplas atau kikirkecil, sepeda sudah bisa diberdirikan dengan bertumpu pada stand guard yang adadi sisi kirinya.
– Untuk keindahan miniature, tambahkan base plate, bisa dari kayu atau plat lainnya, dicat warna hitamkemudian sekalian diberi tulisan cat putih misalnya … sepeda onthel  2016 by … bla .. bla … (nama para sobatBintangTop.com masing masing). – Pajang di meja dengan kebanggan, wah wah .. pasti keren …
Cara Membuat Sepeda engkol dari kawat
Over All Dimension,

Dimensi terluar sepeda adalah sekitar … panjang 17 cm, lebar4 cm, dan tinggi sepeda 9 cm.- Nantinya detailbentuk serta ukuran dapat sobat ubah jika mau sesuai selera.
Udah bisa bikin 1 miniatur sepeda, mau diterusin menjadi pengrajin serius ? bisalah asal punya kemauan … yu huu …
Baca Juga … Tutorial menariklainnya :

– Bikin sendiri – Kerajinan Kancing Baju dari Kawat SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *