Cara Bikin SELIMUT Unik dari KAOS bekas TANPA MENJAHIT

Kadang kita memiliki beberpa kaosbekas yang sudah sangat jarang kita pakai lagi, semisal karena sudah lawasataupun sudah senang dengan yang baru-baru saja :)Jadilah nasib siKaos : Dibuangsayang, dipakai – segan ^_^
Daripada bingung diapapin, simpansaja kaos yang sudah tidak terpakai tersebut, kumpulkan beberapa buah untukkemudian kita sulap menjadi Selimut buat tidur biar hangat di malam hari 🙂
Cara Membuat Selimut dari kaos Bekas Tanpa Jahitan


Pilih UKURAN Selimut :


1. untuk selimut kecil (single) -ukuran sekitar lebar 1,2 mtr x panjang 1,6 mtr(cocok dipakai sendiri, misalnyabuat kalian para jomblo :)- Sipakan kaos bekas sebanyak 12buah, jika sobat mau menghemat maka gunakan juga bagian belakang kaos sehinggahanya membutuhkan 6 buah kaos saja.
2. untuk Selimut besar (double)-ukuran 1,6 mtr x panjang 2 mtr(Cocok untuk berdua)Siapkan kaos bekas sejumlah 20buah, jika bagian punggung kaos juga dipakai maka cukup membutuhkan 10 buah kaossaja.
Pics : Dhop
membuat sendiri selimut dari kaos tanpa jahit menjahitMaterial dan Alat yang di butuhkan hanyalah :

a. Kaos bekas yang tidak dipakailagi – jumlah sesuai keterangan diatas.b. Guntingc. Kertas dan spidol (optional)
Ya … betul …

Hanya butuh Gunting dan Kaos … maka Selimut sudah bisa diciptakan :

( gak perlu jahit menjahit 🙂
1. Buat dulu mal dari kardusbekas atau kertas atau apa saja untuk sekedar mempercepat proses pengukuran danpemotongan kaos.Potonglah kardus atau mal kertasmenjadi kotak dengan ukuran 40 cm x 40 cm.
potong kain sesuai mal kotak, bisa di gunting 2 kain sekaligus biar cepat2. Bentangkan kaos di lantai,letakkan mal kotak diatas gambar kaos, lalu buatlah potongan pada kaos sesuaimal dengan menggunakan gunting.- Caranya … Injak mal dengan kakikiri, gunakan tangan kiri untuk memegang kain kaos yang mau digunting, kemudiantangan kanan melakukan tugasnya memotong kain sekeliling mal kotak.(cara lain … gunakan spidol untuk membuat garis kotak pada kaossesuai mal, singkirkan mal lalu gunting kaos sesuai gambar garis tersebut)
– Lakukan hal yang sama padabeberapa kaos lainnya.
3. setelah semua kaos sudahdipotong menjadi sejumlah kain kotak, buatlah suwar-suwir pada sekeliling kain.Caranya … guntinglah pinggiransekeliling kain dengan panjang guntingan sekitar 3 cm dan masing-masingguntingan di beri jarak sekitar 3 cm juga.
membuat suwiran pada kain - keliling
4. Saatnya merangkai kaos menjadiselimutTemukan sisi kain dengan sisa kainlainnya secara bersusun di lantai, aturlah posisi kain sesuai gambarnya sesuaiselera, misalnya saja sobat menginginkan ada gambar tertentu yang maudiletakkan di tengah selimut atau gambar lainnya di bagian atas dan sebagainya.
Saatnya merangkai kaos menjadi selimutBuat susunan kain kotak di lantai :

a. Untuk selimut kecil –posisikan 3 kain kotak ke samping (sebagai lebar selimut) dan 4 kain kotak keatas(sebagai panjang selimut).b. Untuk selimut besar –posisikan 4 kain kotak ke samping (lebar) dan 5 kain kotak ke atas (panjang).
Jika sudah ditentukanmasing-masing posisi kain kotaknya, kini saatnya … menjalin ikatan atara sisikain satu dengan sisi kain lainnya, dengan cara … buatlah simpul antarasuwar-suwir kain yang satu dengan suwiran kain lainnya, baik bagian samping,bawah, maupun atas.
Jika Selesai dar langkah ini, makabentuk selimut sudah jelas kelihatan.
5. Akhirnya …Hanya tersisa suwir suwir dibagian pinggiran sekeliling selimut yang belum diapa-apakan karena tidak punya pasangan.Untuk itu, maka buatlah simpuldari suwiran tersebut dengan suwiran terdekatnya itu sendiri masing-masing.
Cara Bikin SELIMUT Unik dari KAOS bekas TANPA MENJAHIT
Mengapa bagian luar selimut juga perlu di beri suwiran ?

Jika tidak , maka bagian inimenjadi terlalu lemas, dimana tujuan dari suwiran sekeliling luar selimut iniadalah agar dapt disimpul sehingga menjadi kaku, sekaligus benang kain tidakmudah lepas / rusak.So … Sekarang semua sudah jelasbukan ?
Well … Selimut bikinan sendiridari kaos bekas, dengan bahan kaos bekas minimal 6 buah saja telah usai …Saatnya Tidur dan berselimuthangat, dijamin senang dengan hasil karya sendiri ^_^

Baca Juga :
Alternatif Membuat Selimut VERSI 2 – dengan Hasil lebih rapi dan Bagus SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *