Shoes Rack–Bikin Sendiri Rak Sepatu dari Kayu dan stud Bolt

Rak sepatu atau rak sandal umumnyadijual di pasaran terbuat dari bahan plastik, kelemahan dari rak sandal pasaranini adalah kebanyakan hanya memiliki ukuran standart, nah ! mengapa kalian tidak mencobabikin sendiri saja rak sandal dari kayu dan stud bolt ini sehingga berapa punukuran yang kalian inginkan – bisa terwujudkan J, entah itu rak sepatuyang tinggi ataupun rak yang panjang semisal karena memang kalian memilikisejumlah koleksi sepatu dan sandal yang cukup banyak.

Yang jelas … kita bebasuntuk mendesignnya sendiri.
Cara Membuat Rak Sandal /Sepatu dengan KayuDan Baut Full Drat
Bahan dan alat yang dipakai

a. balok kayu ukuran 70 mm xlebar 100 mm x tebal 15 mm atau 7cm x 10cm x1,5cm.umumnya kayu yang dijual ditoko-toko kayu adalah panjang 4 meter, itu sudah lebih dari cukup. b. pensil c. penggaris dan busur derajat d. drill tool atau mesin bormanual
cara membuat rak sandal dari kayu

e. sekrup 12 buah f. gergaji tangan g. stud Bolt /As drat /besi fulldrat M4 x 1 meter (100 cm) = 4 Batang lengkap dengan Mur M4 = 16 buah Bisa juga diganti dengan yanglain, yaitu Dowel /kayu bulat ataupun Pipa Pvc 1/2″h. cat (bila perlu).

Cara Membuat Rak Sepatu / Sandal Sendiri Di Rumah Dengan Ukuran Bebas


1. Ukuran dan potongan

– gergajilah kayu dengan ukuranpanjang 60 cm = 2 Batang (ini adalah untuk tiang rak)- potong lagi kayu dengan panjang25 cm = 2 buah ( ini adalah untuk kaki rak)Yaitu sebagai pendukung /penyokongtiang agar tidak roboh.
kayu di sekrup

2. Pemotongan sudut

– harap diperhatikan bahwa padasemua batang kayu diatas, salah satu ujung nya dipotong dengan sudut 15 derajat.- gunakan bantuan alat busurderajat atau gunakan saja rumus Sinus /cos /tangen J
sketsa tiang rak sandal3. Rencana Lubang

– Perhatikan gambar diatas … iniadalah gambar pandangan samping dari batang kayu sebagai tiang rak sepatu,terdapat dua macam lubang :- lubang bertanda “x” adalahlubang diameter 5 mm (ini adalah untuk besi full drat M4)- lubang dengan tanda “o” (iniadalah lubang untuk sekrup) tujuannya sekedar untuk memudahkan kita dalam menyekrup/mengunci tiang terhadap kakinya.
– Sambunglah kayu panjang dengankayu pendek seperti pada gambar dan ikatlah dengan 3 buah sekrup, pada tutorialini rak sepatu yang dipakai adalah memiliki tiga tingkat.- diperlukan 8 lubang untukmasuknya besi full drat, jarak antar lubang atau jarak antar tingkat adalah 100mm (10cm), dan jarak antara Puncak tingkat dengan dasar tingkat adalah 40 mm (4cm).
– sedangkan untuk jarak antarsekrup silakan diatur sendiri dengan posisi diagonal (lihat contoh gambar).
3. Proses Pengeboran

– agar lubang memiliki jarak yangtepat dan sama maka kedua tiang kayu supaya Dibor secara bersamaan, hal inimudah dilakukan jika anda memiliki alat bor tangan.

pemotongan stud bolt M4
– ambil As drat /stud bolt,potonglah Bila perlu.biasanya stud bolt di pasarandijual @ panjang 1 meter,  karena itujika kalian hanya menginginkan rak kayu dengan lebar yang lebih pendek maka asdrat terpaksa dipotong.

merangkai kayud an stud bolt jadi rak
– Saran saya sebaiknya di biakansaja 1 mtr jika memang tempat kalian cukup /longgar.
4. Pemasangan Rak

– masukan tiap-tiap As drat padamasing-masing lubangnya, Jangan lupa pasang murnya pada sisi luar maupun sisidalam kayu, sehingga as drat tidak akan bergeser lagi.
cara bikin rak sepatud ari kayud an baut full dratPics : jayefu


5. Other Tips

– Para sobat tidak harus membeli Studbolt yang mungkin lebih mahal silakan gunakan saja dowel /kayu bulat bahkanKalian juga bisa menggunakan pipa pvc, asalkan pipa pvc nya jangn terlalukecil, nanti bisa bengkok an jelek hasilnya, saya kira pipa ukuran 1/2 inchsudah cukup kuat.
Itulah cara membuat rak sepatudan sandal dari kayu + stud bolt, namun kalian tidak harus persis menurutseperti tutorial diatas, silakan para sobat bintangtop.com berkreasi denganmodel, panjang serta lebar sesuai kebutuhan. SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *