Cara Bikin POMPA TALI – Prinsip kerja dan Kelebihan

BintangTop.com – Selama ini kita yang di kota lebih umum mengenalpompa air eletrik / listrik, kemudian di desa mungkin pernah mengenal yangnamananya pompa dragon dengan model tuas besi.
Berikut adalah jenis pompa yangmudah dalam pembuatannya, sederhana dalam prinsip kerjanya, namun cukup efektifdan effisient dalam penggunaan dan pemanfatannya.Yap … itulah pompa tali … parasobat BintangTop.com juga dapat memanfaatkan penggunaan pompa tali meskipundikota, karena masih banyak orang kotaterlebih orang desa maupun perumahan yang masih banyak memanfaatjkan sumurdalam rangka penghematan yang cukup signifikan.
Pompa tali dengan sepeda engkolMaterial  yang di butuhkan :


1. Pipa paralon / Pipa Air PVC.Ukuran 3/4 Inch (3/4 dim), Panjang= kedalaman pompa + 2 mtr.Misalnya sumur sobat sedlam 20mtr, maka pipa pvc yang diperlukan adalah 22 mtr, sudah termasuk untukpembuatan pipa cabang sebagai keluaran / Output air.Sediakan pula T joint untukcabang output tersebut.

2. Tali plastik / Tampar ukuran1/2 cm.Panjang = 2x dalamnya sumur,misalkan untuk sumur 20 mtr diatas maka tampar yang diperlukan adalah sepanjang60 mtr. Tampar nanti boleh disambung.
3. ban luar mobil bekas.Dimanfaatkan sebagai roda pemutar/ penarik tampar keatas.
4. Round bar / besi betoneserdiameter 8 mm.Dipakai untuk pemegang danpengikat roda ban.
5. Pipa besi dimater 3/4 inch,panjang 1/2 meter.Digunakan sebagai handle tanganuntuk memutar roda ban.
6. kayu secukupnya.Sebagai bantalan / pemeganghandle pemutar.
7. Gergaji, palu, kawat, dan Pakusecukupnya.
Prinsip Kerja dan Pembuatan :


1. Tali di simpul-simpul setiapjarak 25 cm.Simpul tali harus ada kelonggaranterhadap lubang pipa agar tidak menyangkut / seret saat pengoperasian.
Cara menyimpul tali pada pompa tali
2. Tali dimasukkan Pipa pvc.Pipa Pvc sendiri di pasang didalam sumur dengan ujung paling bawah diberi jarak 20 cm dengan dasar sumur.
3. Bagian tali paling atas dipasang pada Ban luar mobil yang telah dimodifikasi sebagai roda pemutar.Modifikasi ban : Ban luar mobil bekasdi sayat bagian sampingnya menjadi 2 lingkaran, lalu di tangkupkan keduanyadengan bagian dalam ban mengghadap keluar, sehingga terbentuk seperti pulleybesar, di ikat dengan besi betoneser dan kawat.
Alat pemutar pompa tali dari ban luar bekas mobil
Yup … Pompa tali dengan prinsip kerjanya yang sederhana namun efektifdan efisien dalam pemakaian + hasilnya … siap di jalankan …


4. Ketika roda pemutar denganhandlenya di putar … Maka tampar akan bergerak didalam pipa paralon dari bawah menuju keatas, karena adanya banyak simpul talimaka air sumur akan ikut terangkut di dalam pipa pvc.Selanjutnya … Byur.. byur … airpun keluar dari cabang output pipa siap di tadah dengan ember/timba atau bakair sesuai kebutuhan.
ALTERNATIF

Tidak mau repot dengan pembuatanroda pemutar dari ban bekas dengan tangkai-tangkai besinya ??Gunakan saja Velg sepeda pancal, bisa beli/di cari pula di pasar loak.
Cara Bikin POMPA TALI – Prinsip kerja dan Kelebihan
KELEBIHAN dan Manfaat Pompa Tali :


a. Dapat di terapkan pada sumursampai kedalaman maksimal 25 meter.
b. Ringan dalam pengoperasian,sehingga anak-anak dan wanita juga bisa menjalankan pompa tali.
c. Sederhana dan relatif mudahdalam pembuatan.d. Murah meriah dalam halPembiayaan.
e. Pompa tali terbukti cukupefektif efisien, sudah banyak digunakan di wamena irian jaya, dan beberapapedesaan di jawa tengah, juga di berbagai negara lain di dunia yang dikenal sebagai “Rope Pump”.

Pompa Tali dengan Piston Karet
sebagian banyak Rope Pump telah di modif dengan menggunakan piston yaitu di beri karet yang diikat dengan dua simpul, cara ini menjadikan kita dapat memakai pipa paralon yang lebih besar sehingga air yang keluar lebih besar pula … karet di potong lingkaran lebih kecil sedikit dari diameter dalam pipa paralon.

  Piston pada pompa tali

Source: Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan IlmuPengetahuan dan Teknologi
Bagaimana ? Siap di praktekkan ?

Cara bikin / buat pompa tali  yang sebenarnya cukup sederhana dan mudah,kiranya dapat memotivasi para sobat BintangTop.com dalam mengaplikasikan padasumur kalian baik bagi yang tinggal di kota terlebih tinggal di desa ataupunperumahan, tentunya akan banyak menghemat biaya, hemat energi, dan hemat airpdam ^_^.
Silakan Share agar bermanfaat Bagi Teman ,Terimakasih Jika sempat berkomentar ^_^  SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *