Cara Menambahkan Link di IG Stories agar Bisnismu Makin Meningkat

Saat ini, penggunaan media sosial Instagram telah mengungguli penggunaan media sosial lainnya, terutama untuk berbisnis online shop. Salah satu fitur yang marak digunakan oleh pengguna IG adalah Instagram Stories, yang mengabarkan informasi terbaru.

Di dalam Insta Stories tersebut, terdapat fitur penting yakni tulisan See More / Swipe Up yang dapat digeser ke bagian atas layar handphone-mu. Swipe Up ini dinilai mampu membantu untuk mengarahkan traffic web yang kamu kembangkan.

Simak cara menambahkan link di Instagram Stories sekaligus menggabungkan link tersebut ke dalam Instagram marketing berikut ini!

Menambahkan Link Lewat Insta Stories Menggunakan Swipe Up

Sebagian besar fitur marketing di Instagram memiliki akses penambahan link di Insta Stories, namun yang mendapatkan akses fitur baru tersebut adalah orang yang telah memiliki akun yang sudah terverifikasi.

Sesuai dengan informasi yang dihimpun, IG mulai mengembangkan fitur bagi para marketer sejak bulan Mei 2017. Link di stories tersebut juga terpasang di business profile. Yang menarik dari fitur ini adalah tak ada batasan geografis untuk link di stories.

Adapun cara menambahkan link tersebut, yaitu:

1. Buat Instagram Story di Akunmu

Insta Story ini bisa kamu buat dengan cara mengambil foto maupun video secara langsung di aplikasi IG Stories yang tersedia. Alternatif lainnya adalah dengan menggeser layar story. Fungsinya adalah untuk mengimpor gambar yang dapat diambil dalam 24 jam terakhir.

2. Tambahkan Link URL

Cara menambahkan link URL:

  • Klik chain link icon yang terletak di bagian atas tengah story-mu.
  • Setelah window baru muncul di layar, segera input link destination yang kamu pilih.
  • Masukkan alamat URL secara lengkap.
  • Tap tanda crosscheck berwarna hijau (Android) atau done (iOS) untuk save linknya.

Saat ini, analisis Instagram Story tidak melacak URL yang diklik. Tapi Anda bisa menggunakan link yang bisa dilacak secara terpisah, jika ingin mengukur traffic dan konversi.

Kalau URL tersebut telah sukses dihubungkan ke story akunmu, maka chain link icon akan berubah warna menjadi putih.

3. Edit Story

Edit story adlaah langkah yang wajib kamu lakukan, karena seseorang tak akan tau maksud dari story-mu jika kamu belum melakukan pengeditan.

Caranya adalah dengan menambahkan content seperti text, sticker, maupun filter. Lalu klik upload, dan tunggu beberapa saat hingga Insta Story-mu bisa dilihat oleh pengguna lainnya.

Namun sebelum menambahkan konten, kamu bisa menyisipkan call to action (CTA) ke dalam teks story. Hal ini berguna untuk mengarahkan penonton supaya mengakses link tersebut dan tidak melewatkannya dengan alasan tak terlihat di tampilan layar. CTA ini bisa berupa “Swipe ke atas untuk melihat lebih banyak”. Bisa pula dengan tap “see more untuk mengunjungi web kami.”

Cara efektif dalam penggunaan link di Instagram Stories

Sebenarnya, keefektifan link yang disisipkan di dalam story ini bergantung pada jumlah postingan yang kamu buat dalam satu story. Sering kali digital marketer menyisipkan banyak sekali link pada masing-masing story yang dibuat. Akan tetapi hal ini dinilai kurang efektif, karena dapat mengganggu kenyamanan pengguna saat menonton story-mu. Kamu hanya perlu menambahkan link pada 1-2 postingan saja.

Jadi begini, bila story-mu ada 3-4 postingan per hari, maka tambahkan 1 link saja. Sementara itu, bila ada 6-8 postingan per hari, maka cukup masukkan 2 link pada postingan yang kamu pilih.

Kemudian selalu pastikan kalau link yang kamu gunakan memiliki value dan konten yang bertujuan untuk menyampaikan manfaat terkait produk yang kamu tawarkan kepada para pengunjung.

Nah, ini adalah 3 cara paling efektif dan kreatig yang bisa digunakan sebagai panduan dalam menggunakan link pada stories, di antaranya:

1. Arahkan traffic ke post blog

Kalau kamu memiliki blog yang masih baru, tentunya kamu ingin sekali membuat semua orang berkunjung ke blog tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyisipkan link blog ke Insta Story-mu. Link tersebut merupakan alamat yang mengantarkan pengunjung ke blog yang kamu kelola.

2. Selesaikan tutorial atau DIY stories

Kamu bisa menambahkan link sebuah konten web ke dalam sharing tutorial atau DIY tips di IG Story.

Misalnya, kamu ingin menyampaikan tutorial make up. Di postingan pertama, kamu bisa menampilkan model yang telah selesai dimake-up. Lalu postingan kedua adalah menampilkan proses persiapan dari mulai menyiapkan produk make-up hingga apa saja yang harus dilakukan model sebelum dirias.

Kemudian di post terakhir menampilkan model yang sudah cantik dengan make-up yang menempel di wajahnya dan bisa dibalutkan dengan pakaian / hijab yang menarik penampilannya. Kamu juga bisa menambahkan CTA untuk swipe up untuk menambahkan proses make-up yang secara lengkap di web itu. Di dalam konten web, bisa pula diselipkan video tutorialnya.

3. Kupas content secara ekslusif

Hal ini pernah dilakukan oleh Zach King yang menggunakan Insta Story-nya untuk mengumumkan pemenang dari sebuah kontes yang baru-baru ini diadakan. Yang paling menarik di sini adalah untuk bisa melihat siapa pemenangnya, pengunjung harus melakukan swipe up yang diarahkan ke web milik Zach.

Setelah mencoba teknik tersebut, ternyata informasi yang eksklusif tersebut diakses oleh banyak sekali pengunjung. Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk memberikan sneak peek untuk bisnis barumu, atau bisa juga sebagai blooper untuk video yang Anda shoot.

Mempromosikan Produk atau Jasa Anda

Seseorang yang memiliki produk / jasa pasti ingin sekali mempromosikannya. Cara promosi tersebut ternyata bisa dilakukan melalui Insta Story. Tapi ingat-ingat lagi tips sebelumnya, bahwa tak semua postingan yang kamu buat mencantumkan produk / jasa tersebut

Cara yang paling aman untuk mempromosikan produk / jasa agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna dalam menggunakan IG adalah dengan keep fun, yakni memakai style yang mirip dengan stories yang biasa kamu buat sehari-hari.

Itulah beberapa cara untuk menambahkan link di Insta Story sebagai strategi yang ampuh untuk menaikkan omzet bisnismu. Sekali lagi, batasi jumlah link yang kamu sisipkan agar tidak mengganggu kenyamanan audience / pengguna dalam melihat story-mu yaaa. Pasalnya, kalau kebanyakan, bisa-bisa IG-mu justru di-unfollow dan jumlah followers-mu pun semakin berkurang.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *