Cara Mencetak Gambar/Tulisan pada Batu – Image Transfer

Setelah para sobat BintangTop.comsebelumnya belajar mencetak gambar pada kayu, kali ini kita mau sharing tentangcara mencetak gambar ataupun tulisan pada batu / kerikil.
Keduanya memiliki teknik yangsama yaitu dengan cara memindah / mentransfer gambar dari kertas / hasil printpada permukaan benda lain yaitu kayu bahkan batu, namun media image transferyang dipakai kali ini berbeda … yaitu memanfaatkan alat kecantikan yang seringdipakai para wanita yaitu cat kuku.
Cara Print Gambar atau Tulisan pada Batu dengan Media Kertas


Cara Mencetak Gambar/Tulisan pada Batu – Image Transfer
Bahan / Alat yang disiapkan :

a.  Cat kuku warna putih / terangb. Alkohol 70%c. Wadah (untuk cairan dituangialkohol)d. Batu / kerikil semisal batu putih untuk akuariumatau batu alam yang halus dan bagus dengan warna terang.(Hindari batu warna gelap, agargambar / tulisannya nanti bisa bagus dan jelas.

Langkah Transfer Image dari Kertas ke Batu Alam / Kerikil


tulisan di print terbalik
1. Persiapan gambar

– Gambar bisa bikin sendiridengan program inkscape, paint, photoshop, atau cari gambar sesuka hati diInternet juga banyak puol …- Tulisan bisa bikin sendiri diMs word atau program lainnya- Silakan print / cetak gambaratau tulisan sobat pada kertas hvs.
Note :

Untuk Tulisan … harus dibalik /di mirror sebelum dicetak, karena nanti hasil dari image transfer pada batuadalah hasilnya terbalik.Saya sendiri biasa membalikgambar / tulisan dengan program bawaan windows yaitu Microsoft picture Manager.
batu diolesi cat kuku
2. Pemolesan batu

– Pastikan batu bebas dari minyakdan kotoran.- Oleskan cat kuku warna putih /terang pada permukaan batu.- Biarkan sapuan cat kuku / nailpolish tersebut mengering sendiri.
3. Pencelupan Kertas

– Tuangkan cairan alkohol padawadah secukupnya saja.- Celupkan potongan kertas yangsudah ada gambar atau tulisan dari hasil print sebelumnya. (rendam cukupbeberapa detik saja, yang penting kertas basah merata)
penekanan kertas gambar pada batu
4. Image Transfer Process

– Tempelkan kertas bergambartersebut pada permukaan batu- lakukan penekanan pada kertasdiatas batu tersebut selama 30 detik hingga 1 menit saja.- Silakan lepas perlahankertasnya dari batu.
Note :

Pada saat penekanan kertas,jangan sampai kertas bergeser, karena nanti gambarnya akan rusak dan jelek.
5. Coating

Yes … para sobat BintangTop.comtelah berhasil mencetak gambar / tulisan pada batu (lihat gambar paling atas).- selanjutnya agar gambar awettahan lama gak sampai luntur … berilah lapisan dengan vernis atau cattransparan (pilox)
Berikut contoh lain mencetak gambar pada batu dengan teknik image transfer.
Langkah Transfer Image dari Kertas ke Batu Alam / KerikilPics : Irina
Cara Kerja

Proses image transfer bisaterjadi dikarenakan …- saat kertas terbasahi olehalkohol, maka tinta pada kertas akan mudah terlepas dari kertas itu sendirisehingga dapat dimanfaatkan untuk dipindahkan pada media lain.- cairan cat kuku pada batu akanmenjadi media penerima proses pemindahan tinta gambar dari kertas sekaligus membawatinta meresap pada batu secara permanen.
Silakan mencoba … para sobatBintangTop.com  bahkan dapat memindahkanfoto, logo, kata mutiara atau apa saja deh yang kiranya bisa digunakan untukkerajinan, hiasan, kenangan, ataupun untuk sekedar Fun 🙂 SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *