Cara Menciptakan Minimum Viable Product

Setiap calon pengusaha pasti memiliki suatu ide yang mereka anggap besar untuk memulai bisnis. Masalahnya, banyak dari mereka yang menginvestasikan waktu dan tenaga merealisasikan visi mereka, membuat dan memperbagus produk yang sebenarnya tidak memenuhi kebutuhan sebagian besar orang.

Apa yang salah?

Calon pengusaha biasa berpikir bahwa produk/ jasa mereka menyelesaikan masalah lebih baik dan lebih penting daripada kompetitor lain. Mereka lupa bahwa tugas pengusaha baru bukanlah menciptakan produk terbaik di seluruh dunia atau mengembangkan bisnis secepat mungkin. Tugas Anda adalah merealisasikan ide Anda dengan cara yang membutuhkan biaya semurah mungkin.

Untuk membuat MVP, Anda bisa berusaha membuat produk jadi langsung di hari pertama atau membuat produk Anda sendiri langkah demi langkah dan mengujinya tiap hari. Pengujian itu dilakukan dengan langsung memasarkannya pada calon konsumen dan memanfaatkan penilaian mereka untuk perbaikan.

Cara Menciptakan MVP

  1. Temukan masalah besar untuk diselesaikan dan fokuslah pada masalah hingga menemukan solusi yang tepat, bukan pada solusi yang sudah ada. Hal ini karena mungkin solusi itu bukanlah solusi terbaik.
  2. Temukan cara paling sederhana untuk menyelesaikan masalah itu. Sebelum memutuskan untuk menyelesaikan masalah, tanyakan hal berikut ini dulu: (a) apakah masalah itu ada? (b) apakah masalah itu cukup penting? dan (c) apa Anda bisa menyelesaikan masalah itu?
  3. Prioritaskan fitur produk Anda. Caranya adalah dengan: (a) menentukan fitur yang harus dimiliki produk Anda, (b) menentukan fitur yang seharusnya ada pada produk Anda, (c) menemukan fitur yang mungkin bisa dimiliki produk Anda dan (d) menentukan fitur yang tidak harus ada pada produk Anda.
  4. Lupakan tentang efisiensi produk. Efisiensi adalah sifat yang dimiliki produk jadi, bukan contoh produk. Untuk membuat contoh produk (MVP) Anda hanya perlu membuktikan asumsi keberhasilan ide bisnis Anda.
  5. Buat, ukur dan pelajari. Membuat MVP adalah kesempatan yang Anda dapatkan untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang dunia usaha dan sebagainya. Lalu, secara bertahap Anda bisa memperbaiki produk Anda dalam 3 tahap:
    • Buat basis konsumen
    • Kumpulkan data penggunaan yang berisi alasan kenapa konsumen menggunakan produk Anda
    • Minta umpan balik konsumen
    • Perbarui produk Anda
  6. Ubah atau pertahankan produk yang sudah Anda buat ketika analisis pasar menunjukkan ide Anda kurang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *