Definisi & Contoh Kerajinan Bangun Ruang dari Bahan Limbah

BintangTop.com – Kerajinan BangunRuang sangat menarik untuk dibahas, karena bentuknya yang unik, nilai seninyayang apik, nilai jual yang lebih tinggi, dan manfaatnya tentu jauh lebih baik.
Definisi Kerajinan Bangun Ruang

yaitu … Hasil karya yang dibuatdari suatu bahan dengan membentuk Ruangan 3 Dimensi (memiliki volume – panjang,lebar, dan tinggi/tebal).
Definisi Kerajinan Bangun Datar

Sebaliknya … Kerajinan yangdibuat tanpa membentuk ruang dapat disebut sebagai Kerajinan Bangun Datar atau2 Dimensi (hanya memiliki luas – panjang x lebar).

Selanjutnya … – kita dapat memanfaatkan bahandari limbah untuk diubah menjadi bangun ruang, … maka jadilah sebagai Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangunruang.
– dari aneka bahan limbah yangada, kita diuntungkan ada bahan limbah yang memang sudah memiliki bangun ruang,semacam tabung, kubus, bola, dan sebagainya … contoh : botol,  batok, kardus, kaleng … sehingga masing masingbentuk dapat dimanfaatkan lebih cepat dalam menciptakan kerajinan bangun ruang.
Definisi Kerajinan Bahan Limbah

yaitu hasil karya yang dibuatdengan memanfaatkan bahan dari limbah, dimana sebelumnya hanyalah berupa sisabahan / barang bekas yang sudah dibuang namun kemudian di manfaatkan sedemikianrupa agar memiliki nilai lebih, nilai seni, bahkan nilai jual.

Contoh limbah Organik
Bahan limbah sendiri dapat kita bagi menjadi 2 Sumber :


A. Bahan Limbah Organik / Organic Waste

Yaitu bahan sisa yang mudah / dapatterurai oleh tanah / bakteri (degradable).Umumnya bahan bahan ini bersumberdari Hewan dan Tumbuhan.
10 Contoh bahan :

Tulang ikan, Bulu / Sisik hewan, cangkangtelur, kulit kerang, Batok / sabut kelapa, pelepahpisang, bonggol jagung, batang padi – Jerami, biji bijian, dedaunan, kulit pohon,bambu, dan lain lain.
10 Contoh Kerajinan Limbah Organik :

– Mangkok dari Batok kelapa- Lukisan dari biji bijian- Bunga dari kulit telur- Kotak tissue dari jerami- Tas dari Eceng gondok- Lampu kamar dari bonggol jagung- Bunga hias dari dedaunan- Wall paper dari kulit pohon- Pena/Pensil dari batang bambu- Dompet dari kulit kerang
Contoh limbah Organik

B. Bahan Limbah Anorganik / Inorganic Waste

Yaitu bahan sisa yang sulit / tidakbisa terurai oleh tanah / bakteri.Umumnya bahan bahan ini adalah sisadari bahan industri.
10 Contoh Bahan :

kaleng / seng, grajen / kayu, botol- plastik, beling / kaca – barang pecah belah, koran / kertas, kardus, karet banbekas, Styrofoam / gabus, kain perca dan sebagainya.
10 Contoh Kerajinan Limbah Anorganik :

– Lampu hias dari kaleng- Meja Almari dari serbuk kayu /grajen- Bandulan dari ban mobil- Asbak dari botol kaca- Pot dari botol plastik- Pakaian dari plastik kemasan – Keset dari kain perca- Hiasan ultah dari Styrofoam- Hiasan dinding dari Kertas- Exploded Box dari karduskemasan
Silakan menuju menu “KOLEKSI TUTORIAL DIY” di samping kanan halaman web ini atau bagian bawah halaman artikel (jika via HP)Di situ ada banyak sekali contohTutorial cara membuat kerajinan baik dari bahan organik maupun inorganik yangpernah di terbitkan oleh BintangTop.comSilakan mencoba dan berkarya !


BTW …Untuk melengkapi artikel ini …
Berikut adalah Contoh Jawabanuntuk Tabel Soal yang kadang muncul di Sekolah …
Cara Mengidentifikasi Karakteristik Bahan Limbah Lunak Organik pada Kerajinan:


Jenis limbah organik

ciri-ciri  produk kerajinan

bentuk produk kerajinan

ukuran produk kerajinan

warna dan motif produk kerajinan

teknik pembuatan

Sabut kelapa – Bahan serabut- teksturKasar. AnekaBentuk dan motif. Dimensi Sedang – Warna asli (coklat)- diberi pewarna lain- Motif bergaris – Ikat- Anyam- Potong

Jerami – Lentur,- mengandungAir- berlapis- panjang Anekabentuk
Kecil,Sedang – Warna asli (coklat)- diberi pewarna lain – Ikat- Anyam- Potong

Kulitjagung – Lentur,- tekstur lunak- mengandungair. Lebar
Kecil,Sedang – Warna asli(Kuning, hijau)- diberi pewarna lain – Jahit- Gunting- Tempel- lipat

Pelepah pisang – Pipih, – teksturtidak rata AnekaBentuk datar dan ruang
Dimensikecil – Warna asli (kuning, hijau, coklat)- diberi pewarna lain – Gunting- Anyam- Tempel

Ungkapan perasaan :

Kami senang dapat menelitiberagam jenis bahan limbah organik, dan kami dapat memakainya untuk kerajinantangan yang bermanfaat, baik untuk benda hias atau benda pakai.

Dengan mengenal kerajinan Bangun ruang dan datar sekaligus bahan limbah Organis maupun non organis …maka sekiranya dapat memperluas cakrawala para sobat BintangTop.com sekalian bahwa betapa banyak dan beragamnya peluang bisnis maupun peluang bermanfaat lainnya yang sebenarnya dapat kita gali dan kita gunakan.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *