Di Jual – Bumbu Giling dari Bahan Sampah – Ulah Nakal Pedagang bumbu

Bagi para sobat wanita yang biasamasak tentu mengerti repotnya mengolah sendiri bumbu-bumbu dapur, entah itu bumburawon, rendang, soto, DLL.Mulai dari lombok, kunyit, jahe, jeruk lemon, lengkuas, kemiri, bawang, DLL dengan proses mencuci, mengupas satupersatu, sampai dengan ngulek dan nggongso/menggoreng.Karena kerepotan dan waktu yangdibutuhkan cukup banyak membuat para sobat wanita jaman sekarang lebih memilihbumbu giling instant yang sudah marak dijual baik di pasar maupun disupermarket.
Ternyata rumah makan dan Catering pun tidakmau ketinggalan, untuk lebih memudahkan dan tidak menyita waktu, mereka jugasenang membeli bumbu giling siap pakai.
Masalah baru muncul, ada saja pedagang nakal yang memanfaatkankeadaan dengan upayanya mencari keuntungan berlipat dan menghindari kerugiandengan cara-cara yang buruk dalam mengolah bumbu giling instant untuk dijual.
Contoh Bumbu Giling sehatAntara lain :

A. Bahan Bumbu dibuat menggunakanlombok / cabe-cabe busuk yang sudah dibuang ke tempat-tempat pembuangan sampahdi pasar-pasar.B. Bahan lain diambil darisisa-sisa yang jatuh di bawah kolong stand satand jualan di pasar tradisional,kebanyakan sudah tidak layak konsumsi.
C. Ditambahkan Borax untukmenjadikan bumbu giling awet sampai bulanan.D. Ditambahkan Pewarna textil,karena banyak bahan bumbu yang busuk dan rusak tidak layak konsumsi, maka untukmenjaga warna bumbu tetap menarik maka di tambahkan Pewarna jingga atau merahsesuai jenis bumbunya.
Kemudian bahan sampah dan yangtidak layak konsumsi tersebut dicampur dengan sedikit bahan bumbu yang bagus.
Dari 9 sampel yang diambil oleh team investigasi dari pasar tradisionaldan supermarket, diteliti dalam laboratorium UNPAS bagian pangan, ditemukan 3 sample positif mengandung Borax danPewarna textil.2 bahan yang tidak patut untukmasuk kedalam tubuh kita, yang jelas dapat memicu gangguan kesehatan dalamjangka ke depan.
Bisa dikatakan, dari sampeldiatas menunjukkan lebih banyak Bumbu giling yang aman, sehingga kita masihbisa mendapat manfaat kandungan yang sehat dari rempah-rempah yang ada dalamBumbu giling tersebut.Bagi sebagian Pedagang yang nakal…. Semoga mendapat petunjuk untuk mencari rizki dengan cara yang halal dantidak membahayakan konsumen.
Masalahnya adalah terlalu sulituntuk membedakan Bumbu giling alami dengan bumbu giling yang berbahan kimiaberbahaya tanpa test laborat …


Sehingga … TIPS yang dapat diberikan untuk keamanan terbaik hanyalah :
1. Olah sendiri bumbu di rumah, bilacapek di uleg, cobalah gunakan blender.2. Beli semua bumbu-bumbu yangdiperlukan, lalu gunakan jasa giling bumbu yang ada di pasar-pasar.
Adakah para sobat yang bisamenambahkan Tips lainnya …? SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *