Lampu Kerikil Kaca –DIY lampu Unik dari Bijih Kaca Mobil

Yang namanya ide, kadang ada adasaja … dibawah ini adalah sharing pembuatan lampu dari bahan butiran kaca mobilyang pecah … yaa … barangkali aja diantara kalian ada yang kedapatan kacamobilnya rusak atau ada kaca mobil nganggur milik tetangga … daripada eman gakterpakai, maka mungkin ide berikut ini dapat menjadi inspirasi dalammemanfaatkan bijih bijih kacanya.
Keistimewaan Kaca Mobil– Kaca mobil adalah jenistempered glass yaitu kaca yang telah diberikan perlakuan panas (tempering)dengan suhu tertentu denngan media pendinginan tertentu sehingga hasilnya lebihkeras daripada kaca biasa.Karena itulah orang akan jauhlebih mudah meninju kaca rumah untuk memecahkannya namun akan begitu sulituntuk memecahkan kaca mobil dengan meninjunya, terkecuali dengan cara dipukuldengan benda tajam /besi seperti palu misalnya.
kerikil kaca mobil untuk lampu
– kedua … ketika kaca mobilpecah, maka rusaknya tidak sama dengan kaca biasa, melainkan di design supayapecah menjadi butiran butiran kerikil kecil … dengan tujuan supaya tidakmelukai si pengemudi bila terjadi kecelakaan.Bayangkan jika kaca mobil pecahbesar besar, maka bisa berubah layaknya pisau yang dapat melukai penumpang/pengendaranya.
Ngelantur kejauhan Jyuk kembali ke … laptop !
cara membuat lampu dari kerikil kaca mobil
Cara Memanfaatkan kerikil kaca mobil menjadi lampu Unik


Material :

a. kerikil kaca mobil – atau kerikil kaca jenisgemstone tiruan untuk perhiasan (yang dijual pak pakan dengan harga murah)misalnya yang dijual di toko manik manik /pernak pernik.- atau kerikil kaca laut / Seaglass Lihat cara bikinnya disini …DIY Sea Glass /Kaca laut daribotolAwas !Jangan menggunakan kaca biasalalu dipecah kecil kecil, berbahaya karena tajam !
b. Papan kayuc. Pipa Pvc diameter kecilmisalnya 2 inch (outside diameter 60 mm)d. lampu led pita / Led strippanjang (standard)banyak dijual di toko listrik,sering dipakai saat acara 17 agustus untuk dilingkarkan di pohon ataupun di atapdepan rumah.e. Botol plastik besar minimalukuran 2 Liter(dalam tutorial ini memakaiPlastik bulat /mika yang kebetulan aja ada)f. Lem

Contoh Cara Membuat Lampu dari kerikil kaca


1. Cutting

– Potong bagian puncak Botolplastik besar, sisakan bodynya yang lurus,- Potong juga pipa pvc 2 dim(atau lebih besar yang penting lebih kecil dari Body botol plastiknya.- Pipa ini tujuannya agarkebutuhan kerikil kaca dalam botol tidak terlalu banyak.- Pemotongan pipa supaya lebihpendek dari tinggi bodi botolnya.
lampu led strip dilem pd batang pipa
2. Stripping

– Lingkarkan kabel lampu ledstrip secara spiral pada body pipa pvc.- Buat lubang pada bagian sampingbawah botol untuk akses keluarnya kabel menju stop kontak listrik rumah.- tutup bagian atas pipa pvcdengan cap pvc atau lainnya terserah supaya nanti enggak kemasukan bijih kaca.
3 Fitting & Filling

– Tambahkan base plate kotak ataubulat dari kayu (bila perlu) dengan cara menyekrup bagian dasar botol padakayunya.- Letakkan pipa dalam Botol tepatditengah- coba dulu sambungkan kabeldengan power, apakah sudah menyala oke.- Jika semua oke, barulahTuangkan bijih kaca kedalam botol secara bertahap sekeliling.
memanfaatkan kaca mobil pecah untuk lampuPics : Layer (John)
Kembali nyalakan lampu led … danByaar !Lampu dari butiran kaca telahbersinar indah … lihat kembali hasil finalnya pada gambar atas.
Note :

tutorial ditulis denganmenggunakan botol plastik besar, agar lebih mudah bagi para sobatBintangTop.com dalam mendapatkannya, karena pipa mika bulat dalam gambar adalahsekedar memanfaatkan bekas suatu barang yang kebetulan ada).

Membuat Lampu dari Bijih kaca dalam Mason jar


trik lampu dari pecahan kaca dalam toplesPics : James H
Dan berikut adalah versi mini nya– menggunakan kecil … buat yag hanya memiliki sedikit butiran kaca …

lampu mason jar dari pecahan kaca 

– Lampu led langsung dipasangdibagian tutup toples menggunakan baterai dan saklar langsung di bagian atas. SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *