Fitur Pos dan lingkaran Google+ yang Harus Tahu bagi Pemula

Bagi para sobat, yang merasamasih bingung dalam menggunakan Google Plus maka berikut saya sharing tentangpanduan fungsi untuk beberapa point yang umumnya sering di bingungkan / kurangdipahami oleh para pemula Pluser (sebutan untuk user G+), khususnya dalam hal seputarLingkaran dan Pos (Circle & Posting)
Hal ini juga berdasarkan pengalamansaya sendiri saat mencoba memulai memakai Google+ beberapa bulan lalu sekitarJuli.1 bulan pertama saya kebingungansendiri, kurang paham dengan aneka fitur yang ada didalamnya, hingga akhirnyasetelah tahu … baru sadar bahwa fitur-fitur tersebut yang tidak pernah dipakaiternyata sangat berguna 🙂 LOL.
Beberapa Point Seputar Circle & Post G+ yang harus diketahui para Pemula Pluser :
1. Fungsi Lingkaran / Circle


Saat sobat baru memiliki akunGoogle+ , kalian belum mempunyai teman sama sekali, kemudian sobat dapat menambahkanorang lain menjadi teman kalian.
Dalam hal ini G+ menyediakanfitur default berupa 4 Lingkaran Utama :
A. Teman (Friend Circle)Masukkan orang ke dalam lingkaranteman, mereka yang cukup akrab bagi sobat, misalnya memang sudah biasa bertemandi luar G+, teman di dunia nyata, teman online tapi sudah akrab, DLL.
B. Kontak (Conntact Circle)Masukkan orang kedalam lingkarankontak, mereka yang sobat kenal tapi tidak begitu akrab, misalnya karena baru sajakenal satu sama lain, teman Dumay/Dunia maya, DLL.
C. Keluarga (Family Circle)Masukkan orang ke dalam lingkarankeluarga, mereka yang menjadi keluarga sobat, misalnya kakak, adik, ayah, mama,pakde, bude 🙂 , termasuk orang lain yang anda anggap sebagai keluarga jugabisa di masukkan ke dalam lingkaran ini. Semua kembali terserah sobat.
D. Mengikuti (Follow Circle)Masukkan orang kedalam lingkaranmegikuti, mereka yang anda anggap penting, misalnya karena sering memberikanposting yang bermanfaat dan cocok bagi sobat.Note :Secara default, lingaran inibersifat 1 arah, dimana … sobat akan mendapatkan notofikasi/pemberitahuantentang update status/posting mereka, sebaliknya .. apa yang sobat postingtidak akan di terima oleh mereka yang ada dalam lingkaran mengikuti ini.
* para sobat juga dapatmenambahkan beberapa lingkaran baru dengan nama sekehendak hati, misalnyaLingkaran Tersayang … untuk orang yang paling kalian sayangi ? pacar ? ^_^ LOL


Mengapa harus ada bermacam-macam lingkaran ??

Inilah kelebihan G+ dibandingSocial Media lain, dengan memiliki aneka circle maka sobat dapat menentukansiapa yang dapat menerima update status / posting kalian, misalnya sobatposting tentang sesuatu untuk para teman saja, dan tidak ingin orang-orangdalam lingkaran keluarga mengetahuinya. Caranya … Silakan terus baca dibawah …
2. Pos kabar Terbaru / Update Status


Pada saat sobat posting, silakanlihat gambar dibawah, maka kita dapat menentukan siapa saja yang dapatmembaca/mengetahui posting tersebut.

– Pilih Publik – maka postingsobat akan dapat di baca oleh semua orang termasuk mereka yang tidak andakenal.
– Pilih Lingkaran keluarga – makahanya orang yang ada dalam lingkaran keluarga saja yang menerima / mengetahuiposting tersebut.*Silakan, Sobat dapat memilihbeberapa lingkaran sekaligus.
– Pilih Komunitas – maka postingsobat akan di tampilkan di komunitas yang sobat ikuti, bila komunitas tersebutbersifat publik, maka posting sobat di komunitas tersebut juga dapat dilihatsiapapun termasuk orang yang bukan member komunitas.*Sobat hanya dapat memilih 1komunitas saja, untuk posting ke komunitas lainnya, sobat bisa memanfaatkanfitur Pembagian Ulang.
3. Posting Option / Menu Pilihan Pos


Setelah sobat menulis sesuatu,dan update status tersebut sudah muncul di halaman,Maka posting tersebut masihmemiliki pilihan untuk di Edit sewaktu-sewaktu kita perlukan.Berikut adalah 4 Fitur utama yang harus di ketahui untuk Opsi Posting :


Silakan pilih salah satu postingsobat, lalu klik tanda panah dibagaian sudut kanan atas postingan tersebut,lihat gambar di bawah …(untuk android G+ Application,silakan klik pos yang dipilih, lalu klik tombol Menu/option di Hp kalian)

A. Pasang Pos, Untuk membuat posting tersebutselalu berada diatas halaman profil kalian.Penjelasannya cukup banyak,tentang .. Cara kerjanya, Manfaat pentingnya, dan syarat berjalannya fitur ini,silakan baca di … Fitur terbaru G+ Pin Post (berlaku mulai desember 2014).
B. Lihat aktivitas PosUntuk melihat siapa saja yangmemberikan Plus +1 , yang membagikan ulang dan yang berkomentar. Namun fiturini bersifat terbatas dimana untuk Jumlah +1 yang cukup banyak … tidak semuadata aktivitas posting ditampilkan.
C. Edit PosMaka kalian dapat mengeditposting tersebut, misalnya saja untuk membenarkan salah eja ataumenambahi/mengurangi tulisan.
D. Non aktifkan KomentarPilih ini jika sobat menginginkanposting tersebut tidak bisa di komentari oleh pembaca.Bila posting tersebut adalahposting lama dimana sudah ada yang mengomentari, maka komentar lama tetapmuncul .. tapi berikutnya pembaca tidak bisa menambahkan komentar baru.
E. Non aktifkan pembagian Ulang /Resharepilih ini jika sobat menginginkanposting tersebut tidak bisa di bagikan ulang oleh orang lain. Misalnya karenaitu posting tulisan pribadi / foto pribadi dan sobat tidak ingin foto tersebuttampil di halaman orang lain.
Demikian …

Sharing saya tentang fungsibeberapa Item seputar Pos dan Lingkaran yang umumnya di bingungkan oleh PemulaPluser beserta beberapa fungsi yang harus diketahui oleh Pemula Pluser,sehingga diharapkan … dapat menggunakan Google+ dengan lebih optimal, effektifdan effisien.
Untuk beberapa fungsi yang lain,yang tidak saya bahas di sisni .. karena saya yakin, setelah memahami hal dasardiatas, maka  sobat dapat dengan mudahmemahami sendiri fitur dasar lainnya.

Jika sudah bisa memanfattkan semua fitur diatas, 

Silakan dapat sobat lanjutkan di posting saya lainnya di …
5 TIPS Google+ untuk Level Intermediate User SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *