Hobi Belanja Tapi Takut Kebablasan? Pelajari Tips Belanja Efektif

Berbelanja memang menjadikebiasaan lumrah untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Tapi, coba tanya diri kamudan jawab dengan jujur deh, apakah yang selama ini kamu belanjakan sudah benar-benarmemenuhi kebutuhan?

Jika momen belanja seringberujung pada penyesalan dengan keadaan dompet yang kembali ‘ringan’, mungkin parasobat BintangTop.com harus segera mengevaluasi prioritas kebutuhan tuh.

Selain membuat list kebutuhanprioritas, Tips dan Trik Jitu Belanja Cerdas dan Efektif berikut ini bisamenjadi pedoman :

1. Buat daftar belanja

Yup, pertama dan boleh jadi cukupkrusial adalah membuat daftar belanja. Apapun jenis kebutuhannya, pastikan ituadalah prioritas yang jadi penunjang kehidupan sehari-hari.

– Susun daftar tersebut denganbijak dan mempertimbangkan dampak ke depannya. Jika kebutuhan tergolong pentingdan membutuhkan biaya yang cukup besar, jangan ragu-ragu untuk memenuhinya demikebaikan ke depannya.

Tips dan Trik Jitu Belanja Cerdas dan Efektif
2. Bawa budget pas sesuai kebutuhan

Nah, setelah daftar belanja telahtersusun secara mantap dengan pertimbangan yang matang, kamu sudah bolehmenyiapkan budget atau dana berbentuk anggaran. Selain itu, pastikan anggarankamu sudah menyesuaikan dengan harga asli kebutuhan di pasaran atau sedikitmelebihi harga perkiraan.

– Penting untuk diingat, budgetyang sudah dibawa untuk berbelanja harus sesuai dengan anggaran yang sudah kamubuat. Hal ini bermanfaat supaya kamu tak tergoda alias ‘lapar mata’ untukmerogoh kocek lebih saat melihat yang lain saat berbelanja nih.

3. Disiplin dengan daftar belanja yang sudah dibuat

Senada dengan menyiapkan budgetsesuai kebutuhan, kamu juga harus konsisten membelanjakan kebutuhan sesuaidengan daftar yang sudah dibuat.

– Pasti akan bermunculan deh yangnamanya berbagai godaan, mulai dari diskon ataupun barang-barang memikatlainnya saat di tempat belanja sehingga berpotensi ‘membelokkan’ konsistensikamu nih.

Jika daftar belanja dengan budgetsudah susun sebijak mungkin, pastinya kamu tidak akan rugi mengikuti kedepannya.


4. Catat setiap pengeluaran

Sederhana tapi mudah sekali untukdilupakan dan disepelekan sih, tetapi mencatat pengeluaran menjadi sangatpenting untuk menjadi tolak ukur dan bahan evaluasi kamu.

Selain bermanfaat untukmengetahui seberapa besar pengeluaran dalam pembukuan kas, catatan yang kamubuat juga bermanfaat untuk mempertimbangkan ulang seberapa efektif metodebelanja.
5. Dari catatan pengeluaran tersebut, kamu juga bisa membandingkanharga dari satu tempat dan tempat lainnya yang penah dikunjungi agar lebihmenghemat pengeluaran juga kan.

Nah, kesimpulan akhirnya adalah …


persiapkan segala sesuatunyadengan bijaksana dan terencana. Dengan begitu, mudah-mudahan para sobatBintangTop.com bisa terhindar dari beberapa penyesalan, salah satunya –menyesal setelah berbelanja.  SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *