Jadwalkan Bersih2 & Menata File – CEGAH Komputer LEMOT

Bila komputer atau laptop sobatmulai lemot/lambat/berat setelah sekian lama dipakai, bisa jadi karenakompi/lappy sudah mulai minta di bersihkan Disc space nya dan ditata ulanganeka filenya.Gambaran :

A. seperti halnya kantor bila berbulan-bulantidak pernah disapu dan di pel serta dikeluarkan  sampahnya dari ruangan tersebut, maka sampahakan menumpuk di jalanan dan dimana-mana sehingga dmenghambat orang yang kerja/lalulalang dalam kantor tersebut.
B. Komputer dan laptop sobat jugaperlu ditata ulang filenya seperti halnya berkas-berkas dan peralatan kantorharus dikembalikan ke tempat asalnya secara teratur sehingga setiap ada yangmembutuhkan suatu file atau alat kantor tersebut maka tidak selalu bingung dan kelamaansaat mencarinya.
Hal diatas adalah gambaran yangsaya buat agar lebih mudah dipahami saja, Hal tersebut sebenarnya juga terjadipada komputer dan laptop para sobat BintangTop.com                              Berikut merupakan …
Prosedur umum dalam program bersih-bersih dan penataan kembali file dalamsistem komputer/laptop :


1. Clean Up2. Defragment3. Boot Scan
Bagi orang kantoran, prosedurdiatas adalah prosedur umum yang sebaiknya dilakukan pada semua komputersetidaknya 6 bulan sekali, Namun bagi para pelajar dan orang umum yang tidakkerja kantoran ternyata masih banyak yang kurang tahu, sehingga saya memandangperlu untuk membuat posting tentangnya.

Waktunya Praktek 3 Prosedur diatas :


1. CLEAN UP DISC

Ibaratnya kita menyuruh programcleaning service membersihkan sampah dalam komputer yang sekian lama menumpuk.File tersebut antara lain bisaberupa temporary internet file, recycle bin, compress old file, files forcontent indexer, dan lain-lain banyak macamnya.
Cara Menjalankan “Clean Up” (pembersihan) :


a. Buka windows explorer, klikkanan pada drive(C:) , pilih Properties, maka muncul window/jendela sepertigambar dibawah.

Tampak seberapa banyak ruang filesobat baik ruang yang sudah terisi aneka file (used space) maupun ruang yangmasih kosong/tersedia (free space).
b. klik tombol “Clean Up”maka tampil window seperti gambardibawah, sebaiknya silakan cawang/centang saja semua yang ada, karenasebenarnya semua file tersebut sudah gak kepakai lagi/tidak berguna.Selanjutnya klik tombol “OK”.Maka proses ceaning service pun berjalan, dan nantinya free space kompi sobatakan menjadi bertambah besar.

(Pada gambar diatas adalah contohsaya saat mengClean Up Drve (F:) milik komputer kantor yg sudah gak pernah dibersihkan selama setahun lebih, tampak disitu file-file sampahnya hinggamencapai 25 ribu MB atau setara dengan 25 GB, gila bukan ?? bila lapy sobatkapasitasnya kecil tentu file sampah sebesar itu hanya akan memenuhi used spacedan menghambat kerja laptop dengan cukup berat.
Setelah CleanUp selesai …ulangiprosedurnya pada drive-drive berisi file lainnya yang ada pada lapy/kompisobat, misalnya setelah drive C, lanjutkan ke drive D, Drive E.Untuk drive cd room atau floppydisc maupun drive milik flash disc tidak ada fasilitas CleanUp, sebab ketiganyamerupakan media external/luar.

2. DEFRAGMENT FILES

Ibaratnya kita menyuruh programuntuk melakukan penataan ulang, mengembalikan ke porsi dan tempat semula dansemestinya aneka file dalam komputer yang sekian lama sudah teracak akibatpemakaian.Setelah seluruhnya kembali padaposisi yang semestinya, maka komputer/laptop sobat akan dapat cepat mencari danmengakses aneka file tersebut lebih cepat secara effisient, inilah yang nanti menjadikankomputer menjadi tidak lemot.
Cara Menjalankan “Defragmentation” (pembersihan) :


a. Sama dengan cara Clean updiatas …Buka windows explorer, klik kananpada drive(C:) , pilih Properties, maka muncul window/jendela, jika sebelumnyakita klik tombol CleanUp namun … kali ini perhatikan tab bagian atas, klik TabTool dan lanjutkan klik tombol “Defragment Now”perhatikan gambar dibawah …

Muncul window baru, Tampak terdapatbeberapa drive yang ada pada kompi/lepi sobat. Silakan pilih drive (C:) …Lanjutkan klik tombol “DefragmentNow”

Catatan : Proses defragment cukuplama, misalnya bisa sampai ½ – 1 jam tergantung kapasitas file yang sedang didefragmentasi, karenanya sebaiknya lakukan proses ini pada saat diluar jamkerja sibuk kompi sobat.
Setelah selesai, silakan bisalanjutkan untuk proses defragmentasi pada drive lainnya jika ada, misalnyadrive D, Drive E, drive F.

3. BOOT SCAN

Ialah proses scan virus padakomputer atau laptop sobat yang berjalan sebelum komputer tersebuthidup/terbuka windowsnya.Jadi booting scan ini berjalanmendahului pada saat tombol power di nyalakan pertama kali, dan komputer baruakan hidup normal / terbuka woindowsnya setelah proses bootng scan ini selesai.
Booting scan menjadi penting …karena proses scanning ini berjalansebelum virus dan sistem komputer bergerak.Sebaiknya jadwalkan Booting scansetidaknya 3 bulan sekali, Scan virus menyeluruh (Scan All) setidaknya juga 3bulan sekali, dan scan virus cepat (Quick scan) setidaknya 1 bulan sekali.
Mungkin tidak semua Program antivirus memiliki fitur Boot Scan, salah satu yang ada dan gratis adalah … Avast –Free anti virus.Sobat dapat mendownload free padawebnya langsung di Avast.com.Avast hanya mensyaratkan dataemail untuk mendapatkan program gratis anti virus  beserta fitur updatenya yang otomatis.
Dengan 3 macam prosedur bersih-bersih dan tata-tata file diatas, makaGoal yang dapat dicapai adalah …

komputer/laptop para sobatBintangTop.com menjadi lebih cepat kembali prosesnya, gak lemot, dan aman darivirus yang dapat mengganggu kerja sistem.
Semoga bermanfaat …Selamat Bekerja dan Mencoba ^_^. SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *