Jangan Asal Bikin, Kenali Tata Cara Penggunaan Warna untuk Branding Anda

Branding adalah hal yang wajib dipikirkan jikaAnda baru memulai usaha. Secara umum, branding adalah tata cara penyampaian merk kita kepada konsumen melewati beberaparangsangan visual seperti logo dan tulisan. Nah, bikin branding ini tidak bisa asal sembarangan. Karena, perannya sangatpenting; coba bandingkan membeli produk di toko yang tidak punya merk dan yangpunya logo serta kesan yang mentereng. Jelas, yang kedua lebih terasa menempel diingatan dan tentunya terasa tepercaya, bukan?

Menurutilmu psikologi, mata manusia sangat mudah dirangsang dengan warna. Jadi, kitatidak bisa asal menggunakan warna untuk membuat branding merk kita. Bagaimana agar tidak salah pilih? Simak paparanberikut

1. Kalauproduk Anda punya sifat energetik, agresif, dan berani…

Makawarna merah adalah pilihan utama! Karena, warna satu ini dinilai memiliki sifatmeghentak dan menimbulkan semangat. Produk minuman berenergi, obat gairahseksual, peralatan berolahraga, adalah beberapa tema yang biasanya menggunakanwarna merah.

Anda jugabisa menggunakan teori asosiasi, alias menghubungkan warna benda-benda yangerat kaitannya dengan produk Anda dengan warna ini. Misalnya, bila toko Andamenjual produk rendang super pedas, maka warna merah adalah pilihan ideal.Begitupula jika kita mengingat bahwa merah adalah warna hati. Bila Anda menjualperangkat untuk keperluan hari Valentine, cokelat dengan bungkus merah jugasangat memikat!

2. Kalauproduk Anda punya sifat ceria, menyenangkan, dan penuh semangat…

Maka Andaharus menggunakan warna dominan kuning! Anda ingat emoji smiley? Warnanyakuning, bukan? Biasanya, warna satu ini sangat terkenal di antara para pelakuusaha yang menarget anak-anak muda. Warna kuning merangsang perasaan bahagia,ceria, dan bersemangat yang memang menjadi karakter usia beli—terutama milenial.Jadi, jangan sampai absen menggunakan warna ini jika kesan itulah yang inginAnda hadirkan.

3. Kalauproduk Anda menarget lingkungan bersih dan asri…

Warnahijau tidak akan salah. Ya! Warna ini bisa menghadirkan ketenangan dan perasaantentram dalam diri hanya dengan memandanginya. Sifatnya yang memang diambildari pepohonan dijamin akan menghadirkan rasa damai dalam diri konsumen Anda.Biasanya,yang menggunakan logo dengan warna ini adalah organisasi-organisasipenghijauan, toko bunga, produk-produk bio-degradable yang ramah lingkungan, dan kepentingan-kepentingan sejenis.

Tantangandari menemukan warna yang tepat ini adalah, Anda harus benar-benar mengenaliindustri dan jualan Anda terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan. Jadi,hari inipun jangan lupa introspeksi, ya. Tetaplah maju bersama artikel-artikellain dari kami.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *