Jangan Ragu! Ada Banyak Ide untuk Memulai Bisnis Online!

Taukah kamu bisnis apa yang tengah popular saat ini?

Ya benar, bisnis online merupakan bisnis yang tengah populer saat ini. Keberadaannya semakin merajalela karena bisnis ini lumayan mudah untuk dilakukan jika kamu menyukai dunia internet.

Tak ada salahnya juga jika kamu mengembangkan bisnis tersebut. Jika kamu masih ragu untuk memulainya hanya karena idemu yang terbatas.

Kini kamu bisa menemukan ide-ide tersebut mengenai bagaimana cara memulai bisnis online yang baik dan benar yang banyak dilakukan oleh sebagian besar pebisnis di Indonesia.

  1. Affiliate marketing

Saat kamu mencoba untuk menjadi affiliate marketing, maka secara langsung kamu bertugas untuk mempromosikan / merekomendasikan produk milik orang lain.

Kemudian jika ada yang membeli atas rekomendasi yang kamu berikan sebelumnya, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Jadi, kamu hanya bertugas untuk mempromosikan saja tanpa menjualnya. Apabila pembeli tertarik dengan produk yang kamu tawarkan, maka si pembeli tersebut akan berhubungan kepada si penjual.

Untuk menjadi affiliate marketing, hal yang wajib kamu miliki adalah website / blogger dan media sosial sehingga bisnis onlinemu akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Publisher iklan

Taukah kamu mengenai publisher iklan? Sudah jelas dari kata tersebut memiliki arti seseorang yang mempublis iklan.

Dari pubrisher iklan ini, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang pasif dengan cara menciptakan konten yang bagus dan menarik para audience. Konten tersebut bisa berupa artikel, video, maupun gambar.

Biasanya seorang publisher iklan meletakkan iklannya di dalam postingan blog / web, kemudian mereka menyebarkan artikel tersebut di media sosial sehingga makin dikenal oleh banyak orang yang mendapatan pengunjung yang semakin meningkat.

Bermula dari web yang sering dikunjungi, kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan dari pihak penjual.

Jadi kalau kamu pengin sukses dalam menjalankan bisnis online melalui publisher iklan, maka konten yang kamu buat harus berkualitas, membuat banyak pembaca tertarik untuk membelinya, dan berbeda dari konten-konten yang lain.

  1. Menyediakan jasa desain grafis / menjual stock desain

Kalau kamu ahli dalam hal desain grafis, kamu bisa menjual hasil karyamu melalui jasa desain grafis online. Terus kalau hasilmu memuaskan dan disukai oleh klien, bisa-bisa bisnismu pun akan maju dan mendapatkan pelanggan dari luar negeri. Semua tak ada yang tak mungkin, jika kita masih berusaha.

Namun jika kamu adalah pebisnis pemula dalam desain grafis, kamu bisa menjual jasa tersebut di beberapa situs, seperti di 99designs, Sribu, dan Fiverr.

Ketiga situs tersebut bisa kamu gunakan untuk menghasilkan uang secara freelance (pekerja bebas). Jadi kapan pun kamu memiliki waktu luang kamu bisa tawarkan jasa yang kamu sediakan kepada para pelanggan.

Jalan lain adalah jika kamu tak suka jual jasa desain grafis, kamu bisa menjual stock gambar semacam template yang siap dikustomisasi dan siap pakai. Contohnya adalah template Photoshop, Illustrator, presentasi, logo, atau icon. Sehingga pelanggan bisa membeli stock yang kamu miliki kapan saja sesuai dengan keperluan mereka.

  1. Youtuber

Menjadi youtuber adalah pekerjaan yang cukup sulit jika kamu belum mengetahui seluk beluknya. Untuk itu, kamu harus mengenali apa saja jenis iklan yang ada di Youtube yakni ada 2:

  • Iklan yang memberikan komisi tiap klik.
  • Iklan yang memberikan komisi tiap kali tayang.

Lalu, apa saja tugas seorang youtuber?

  • Membuat video seperti video blog atau biasa disingkat vlog, semenarik mungkin agar banyak pengunjung yang melihat video karyamu.
  • Meng-upload video ke Youtube.

Youtuber yang telah sukses dengan jumlah subscriber terbanyak adalah Piewdiepie. Di mana pada tahun 2013, ia mampu menghasilkan pendapatan sebesar 4 juta Dolar per tahun.

Biasanya dari iklan yang tayang di Youtube, pihak Youtube sendiri mengambil keuntungan sebesar 45%, kemudian sisanya diberikan kepada sang pemilik video.

Jadi dengan cara menjadi youtuber, kamu bisa mendapatkan peluang sukses yang luar biasa. Kuncinya adalah jangan malas untuk membuat video dan but sekreatif mungkin yang lain daripada yang lain.

Tetapi kamu juga harus berhati-hati dengan hak cipta di Youtube, serta hindari pengupload-an video yang merupakan hasil dari karya orang lain, musik, rekaman TV, dan lain sebagainya.

Rancanglah video hasil dari ide kreatifmu sendiri, seperti video lucu, video tutorial, video tips dan trik, dan lain-lain.

  1. Dropship Internasional

Bisnis online yang saat ini sedang gencar dilakukan adalah dropship internasional. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan keuntungan dalam bentuk dolar yang tentunya nominalnya cukup besar. Sebenarnya, dropship internasional hampir sama dengan dropship lokal, hanya saja perbedaannya terletak pada target pasar dan pengambilan stok produk.

Namanya saja dropship internasional, maka kamu bisa secara langsung menjual produk yang kamu miliki kepada konsumen luar negeri. Sementara pengambilan stok bisa dicari di beberapa marketplace seperti Alibaba ataupun Aliexpress.

Satu hal lagi yang perlu kamu lakukan agar bisnis dropship internasional bisa berjalan adalah dengan melakukan promosi melalui toko online yang membuat bisnismu makin kredibel. Toko inline ini bisa kamu buat dengan menggunakan fitur yang sederhana dari Shopify yang memiliki banyak kemudahan untuk dioperasikan.

  1. Bisnis Online dengan Berjualan

Di antara bisnis online yang lainnya, yang paling banyak dilakukan oleh orang Indonesia adalah berjualan secara online yang berhubungan dengan istilah online shop.

Ada beberapa cara yang mereka lakukan, seperti:

  • Menyediakan stok barang, kemudian menjualnya menggunakan sistem dropship, sehingga kamu tak perlu menyetok barang sendiri dan bahkan tak perlu modal. Lalu kamu bisa menjual produk tersebut melalui marketplace, seperti Shoope, Tokopedia, BukaLapak, dan OLX.
  • Berjualan melalui sosial media, yang saat ini masih banyak digunakan adalah Facebook, Line, WhatsApp, dan Instagram.

Dari kedua cara tersebut, rupanya ada beberapa kelemahan dalam berjualan di marketplace ataupun sosial media, di antaranya:

  • Terjadi persaingan yang tinggi di antara lebih dari 1 penjual karena menjual barnag yang sama.
  • Terjadi perang harga yang dilakukan oleh penjual, sehingga bisa saja ada penjual yang memperoleh keuntungan yang sedikit.
  • Bisa jadi pelangganmu berpindah ke penjual lain yang menawarkan harga yang lebih murah.
  • Kamu tidak bisa mengontrol penuh tempat jualanmyu, karena sebenarnya hamu hanya numpang di tempatnya orang lain saja.
  • Perusahaan marketplace bisa saja memberlakukan peraturan yang baru, yang ternyata malah membuatmu merugi.
  • Berjualan di medsos memang cukup stabil, namun kurang bisa berkembang dengan baik.

Namun ada jalan lain selain menggunakan marketplace sebagai tempat berjualan online, yakni mellaui toko online yang kamu kelola sendiri.

Toko online tersebut bisa berupa website yang kamu kelola sendiri.

Dengan adanya toko online, kamu akan mendapatkan sejumlah keuntungan, yang meliputi:

  1. Lebih profesional dalam berjualan dan mudah mendapatkan kepercayaan dari para konsumen.
  2. Brand yang kamu tawarkan akan semakin dikenal, karena kamu memiliki tempat sendiri yang tidak ada seorang penjual pun yang menyainginya.
  3. Lebih efektif dan efisien dalam mengelola produk / brand / jasa yang kamu jual.
  4. Kamu bisa mengatur produk kamu sendiri dengan lebih leluasa dan memiliki kontrol penuh tanpa campur tangan dari pihak lain.
  5. Kamu juga bisa memaksimalkan beberapa fasilitas yang ditawarkan di dalam sebuah website yang kamu gunakan sebagai toko online.
  6. Para calon konsumen akan lebih terarah dan tertarget sesuai dengan produk yang kamu jual
  7. Kamu bisa menciptakan aturan tersendiri, yang jelas-jelas tidak sama seperti aturan yang ada di dalam marketplace.
  8. Kapan saja brang / produk / jsa yang kamu tawarkan bisa dipajang di website tersebut, baik itu mengenai deskripsi produk, harga, ukuran, berat, katalog, dan lain sebagaimnya.
  9. Dengan memiliki toko online ppribadi, kamu tak perlu repot-repot memikirkan biaya sewa.
  10. Laporan keuangan mengenai penjualan produk bisa kamu periksa sewaktu-waktu tanpa melibatkan seorang akuntan.

Platform untuk Toko Online

Toko online bisa kamu buat dengan menggunakan platform berikut ini:

  1. WordPress dengan plugin Woocommerce,
  2. Shopify, dan
  3.  

Ketiga platform ini mematok biaya yang berbeda-beda. Sehingga kamu harus memilih platform yang tepat dan sesuai dengan harga yang kamu anggarkan. Tapi ingat ya, fitur yang mereka berikan pasti menyesuaikan dengan harga yang kamu tetapkan.

Dari ketiga platform ini, Shopify lah yang sering digunakan oleh para pebisnis online. Platform ini juga cocok untuk pemula, di mana proses instalasinya sangat mudah. Yaitu dengan cara mengisikan beberapa data identitas diri, yang meliputi nama toko, alamat email, password, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga akan dimudahkan dalam proses upload produk, katalog, hingga inventory produk.

Kemudahan lainnya adalah kamu akan dimudahkan dalam mengintegrasikan payment gateway (Visa, Mastercard, Paypal), Mailchimp, Zopim, Facebook Store, dan sosial media.

Loh, kenapa sosial media memiliki peranan dalam toko online ini?

Tak dipungkiri lagi sosial media telah menjadi sarana promosi yang sangat efektif dan cukup ampuh dalam mengenalkan produk / brand / jasa yang kamu jual. Sehingga kamu juga bisa menggabungkan strategi pemasaran digital melalui konten yang ada di website dan sosial media. Dengan mengombinasikan kedua teknik ini, dijamin bisnismu akan semakin meningkat pesat.

Simpulan

Setelah membaca ulasan di atas, sekarang kamu menjadi tahu bagaimana cara yang bisa kamu tempuh untuk menjadi pebisnis online pemula.

Bila kamu masih ragu untuk memulainya, kamu bisa menggali minatmu terlebih dahulu. Apakah minatmu ingin menjadi affiliate marketer, desainer grafis, dropshiper internasional, penjual online, atau yang bisnis online yang lain.

Kemudian jika kamu telah memiliki niat dan menentukan minat, maka segera mulai bisnis online mu dengan cara take action (mengambil aksi).

Dari situlah kamu belajar sambil mempraktikkannya langkah dan tips terbaik untuk membawa bisnismu kepada kesuksesan. Kamu bisa belajar dari buku panduan atau seseorang yang ahli dalam bisnis online.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *