Kabel Jumper Bikinan Sendiri, Buat Kamu yg Hobi Elektronika

Kabel jumper merupakan komponendasar bagi kalian yang hobi membuat proyek elektronika. Seringkali, kabeljumper itu habis atau  panjangnya tidakcukup untuk menyambungkan komponen yang satu dengan yang lainnya.
Kabel jumper buatan pabrikbiasanya sudah permanen dan panjangnya tidak bisa diubah. lihat gambar dibawah adalah contohkabel jumper buatan pabrik.

 

 Kini, para sobat BintangTop.com bisaMembuat Kabel Jumper Sendiri, denganpanjang dan jumlah sesuai keinginan kalian.
Kabel Jumper Bikinan Sendiri, Buat Kamu yg Hobi Elektronika                                                                                            Alat-alat dan bahan:

• Kabel pelangi• Shrinkrube ukuran 1mm• Isi blackhousing• Pengupas kabel atau pakaicutter• Tang potong• Tang jepit/tang buaya
Cara Bikin Sendiri Kabel Jumper :


1. Siapkan shrinktube yang telahdipotong secukupnya dan isi blackhousing:
shrink tube and black housing
2. Potong kabel pelangi denganpanjang kira-kira 10cm. Pada kesempatan ini kita akan membuat kabel jumperuntuk power, yaitu terdiri dari kabel hitam (GND) dan kabel putih (Vcc).
kabel pelangi
3. Kupas masing masing ujungkabel dengan pengupas kabel (atau pakai cutter) kira-kira sepanjang 0.5cm.
4. Ambil isi blackhousing dengancara dipotong pada pembungkusnya dengan tang potong.
5. Masukkan kabel dan jepitdengan menggunakan tang jepit.6. Jika kalian memiliki solderdan timah, silahkan menyolder antara bagian kabel yang terkupas dengan isiblackhousing untuk merekatkan serabut kabel. Jika tidak ada, pastikan kabelterpasang dengan baik pada isi blackhousing.

7. Potong shrinktube seukuran isiblackhousing dan panaskan dengan api. Panaskan dengan cara menggeser-geserkorek api pada shrinktube.
8. Lakukan pada keempat isiblackhousing, hati-hati dalam memanaskan shrinktube jangan terlalu lama karenaakan menyebabkan kabel meleleh dan terputus.
9. Kabel jumper telah siapdigunakan.

Nah, begitulah cara membuatsendiri kabel jumper. Bagaimana menurut kalian? Mudah bukan membuatnya. Jikakalian memiliki shrinktube dan isi blackhousing yang cukup banyak, kalian bisamembuat kabel konektor. Kabel konektor ini terbuat dari banyak kabel jumper,atau satu kabel pelangi, kira-kira ilustrasinya seperti ini:
Cara Bikin Sendiri Kabel JumperPics : Yuswan P.


Apabila memiliki header atau mataikan, dapat langsung disambungkan dengan kabel jumper ini. – Keunggulan dari kabel jumperbuatan sendiri adalah para sobat BintangTop.com bisa saling menyambung dengankabel jumper lainnya dan biayanya juga lebih murah. Selamat Mencoba! SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *