Mengenal Lebih Dalam tentang IGTV, Fitur Baru di Instagram

Pengguna smartphone mana sih yang gak tahu tentang aplikasi Instagram?

Salah satu aplikasi media sosial yang pertama kali muncul pada tahun 2010 ini hanya menyediakan jasa upload foto saja. Akan tetapi, IG mulai merevolusi dengan mencantumkan fitur video di tahun 2013.

Perkembangan fitur video yang disediakan Instagram berawal dari video yang berdurasi hanya selama 30 detik. Lalu diperpanjang lagi menjadi 1 menit. Kemudian saat ini telah ada fitur video yang disebut sebagai Instagram Story yang berdurasi hanya 30 detik saya. Tujuan dibuatnya IG Story ini adlah untuk merekam momen-momen tertentu saja yang telah dialami oleh pemilik akun yang bersangkutan.

Rupanya, perkembangan fitur tersebut dirasa kurang puas bagi pengguna, sehingga Instagram menciptakan fitur terbaru lagi yang lebih menarik dari sebelumnya.

Mengenal IGTV

Apakah nama fitur baru di IG yang akhir-akhir ini sangat membantu bagi para selebgram maupun pebisnis online?

Fitur yang dimaksud adalah IGTV.

IGTV merupakan satu-satnya fitur di Instagram yang memiliki durasi terpanjang hingga 10 menit. Rencananya, IG akan meningkatkan durasi IGTV hingga 1 jam.

Lantas, apa dong bedanya IGTV dengan Youtube?

Perbedaannya terletak pada mode video yang vertikal yang memudahkan penggunanya untuk melihat

video tanpa harus memutarkan device yang mereka gunakan.

Perbedaan kedua adalah IGTV saat ini belum memberikan sistem berbayar kepada para pengguna. Akan tetapi, menurut informasi yang dilansir dari engadget.com, manager IG menyatakan bahwa pihaknya akan memberlakukan biaya untuk iklan sehingga akan ada pihak yang diuntungkan di dalamnya, seperti pihak perusahaan maupun komunitas di dalamnya.

Keuntungan IGTV Bagi Pebisnis

Keuntungan yang akan pebisnis rasakan dengan adanya IGTV adalah:

  • Kamu dapat mempromosikan dengan cara yang berbeda dan gratis.
  • IGTV sudah memiliki 1 miliar pengguna baru yang dapat kamu manfaatkan untuk mengenalkan produk / brand / jasa yang kamu jual.
  • Jika IGTV sudah mendukung Instagram Ads, maka produk yang kamu jual pun akan semakin dikenal oleh banyak audience.

Cara Mengakses IGTV

IGTV ini dapat diakses dengan 2 cara:

  1. Mendownload aplikasi IGTV di playstore (android) atau Appstore (ios).
  2. Mengakses melalui aplikasi Instagram.

Bila kamu memiliki IG versi lama, kamu bisa meng-updatenya kembali. Kalau sudah selesai kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan akan muncul icon IGTV di sebelah kanan atas layar (di samping icon pesan).

Perlu kamu ketahui, IGTV ini tak hanya diperuntukkan oleh kalangan selebritis saja, namun juga bisa digunakan oleh pengguna lain yang sama-sama memiliki akun Instagram.

Demikian penjelasan mengenai IGTV, fitur video terbaru yang ada di Instagram. Fitur ini memiliki banyak manfaat kepada para penggunanya, karena mampu merekam sebuah peristiwa dengan durasi yang lama dibanding fitur video sebelumnya. Sementara itu, bagi para pebisnis, IGTV bisa digunakan sebagai media untuk mempromosikan produknya kepada para konsumen / audience / pengguna IG.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *