Panduan Memilih & Membeli Tabung Pemadam Kebakaran

Mencegah lebih baik daripadamengobati adalah kalimat bijak dalam dunia kesehatan. Untuk masalah kebakaran,pencegahan kebakaran dapat dilakukan dengan menyediakan tabung pemadamkebakaran. Langkah yang cukup bijaksana bukan.
Sebelum membeli tabung pemadamkebakaran, lebih baik jika kita mengenal lebih lanjut tentang pembagian …
Klasifikasi kebakaran :


Kelas A : Kebakaran yang sumberapinya membakar benda-benda padat seperti kayu, plastik, kertas, baju, jerami,sampah di tempat pembuangan. Kategori kelas A ini sering ditemukan padalingkungan perumahan, area bisnis, peternakan.
Kelas B : Kebakaran yang sumberapinya membakar zat cair dan gas seperti minyak, cat, alkohol, bensin, minyak,elpigi, dan benda cair maupun gas lain yang dapat menyebabkan kebakaranlainnya. Kategori kelas B ini sering ditemukan pada lingkungan perumahan danarea bisnis.
Kelas C : Kebakaran yang sumberapinya dari peralatan listrik atau alat-alat listrik. Contohnya seperti adanyakorslet karena hubungan pendek alat-alat listrik, petir yang menyambar tianglistrik hingga terjadi kebakaran. Kategori ini biasa ditemukan pada lingkunganperumahan dan area bisnis
Kelas D : Kebakaran yang sumberapinya membakar benda-benda logam/metal seperti magnesium, potassium, sodium,titanium. Bahan-bahan metal jika terbakar akan menghasilkan suhu yang tinggidan mengeluarkan oksigen yang jumlahnya lumayan sehingga kebakaran akan semakinberkobar. Kategori ini biasa ditemukan pada industri pabrik
– Kelas K : Kebakaran yang sumberapinya membakar berbagai jenis minyak yang digunakan dalam memasak. Kategoriini biasa anda temukan pada lingkungan perumahan, restoran, dan area bisnismakanan.
Panduan Memilih & Membeli Tabung Pemadam Kebakaran
Panduan Memilih Tabung Pemadam Kebakaran


1. Setelah mengetahui kategoripengelompokan kebakaran berdasarkan sumber apinya, memilih tabung pemadamkebakaran juga semakin mudah sesuai dengan kebutuhan anda. Apakah tabungpemadam kebakaran hanya digunakan di rumah saja atau malah ingin disimpan diarea bisnis sesuai dengan bidang usaha yang anda jalankan.
2. Isi tabung pemadam kebakaranjuga beragam. Terdapat isian air, uap air, bubuk kimia kering, gas CO2, cairanbusa, bahan kimia yang bertekstur basah, dan isian tabung lainnya.
– Pada tabung pemadam kebakaranbiasanya sudah diberikan petunjuk untuk digunakan pada kebakaran kategori apasaja yang dapat diatasi. Terdapat pula tabung pemadam yang dapat difungsikanuntuk mengatasi beberapa kategori sekaligus. Pada tabung pemadam akan tertempeltulisan kombinasi A,B,C.
– Penggunaan tabung pemadam yangkurang sesuai dengan kategori dapat menyebabkan api akan semakin berkobar danmenjalar, serta  dapat memakan korban.Contohnya saja jika anda memilih isian tabung pemadam air untuk memadamkankategori kebakaran kelas C yang berhubungan dengan alat-alat listrik, maka bisasaja reaksi kongslet hubungan pendek arus listrik bisa lebih parah lagi.
3. Untuk memilih ukuran tabung,ingin seberapa besar tabung yang hendak dibeli sesuaikan pula dengan skalausaha anda. Dan jika hanya ingin digunakan untuk rumah saja maka pilih ukuranterbesar yang dapat diangkat oleh anda dan anggota keluarga yang lain.
Tabung pemadam kebakaran jugaterbagi lagi menjadi tabung yang dapat di isi ulang maupun tabung yangpemakaiannya hanya sekali pakai setelah pin pengaman ditarik.
Btw, Anda dapat menyumbangkantabung pemadam sekali pakai yang sudah terpakai isinya ke dinas pemadamkebakaran api terdekat. Tabung tersebut akan digunakan untuk proses pelatihanpersonel pemadam kebakaran baru.
Baca Juga, Artikel Sebelumnya :

Mengenal Cara Penggunaan TabungPemadam Kebakaran SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *