Seni TULISan dari BENANG dan Paku – Type 1 & Type 2 ~ BintangTop.Com | Dunia Ide dan Kreativitas Tanpa Batas

Kreativitas dapat dilakukan dalamhal apa saja, termasuk halnya dalam menulis atau membuat tulisan … jika umumnyapara sobat BintangTop.com membuat tulisan dengan pensil / pulpen / spidol … yukkita bikin sesuatu seni tulis yang berbeda dan luar biasa …
Hasilnya … Pajang sebagai hiasanyang unik keren di dinding atau lainnya di rumah sobat … dan ketika para tamubaik itu tetangga atau teman sekolah kalian datang berkunjung ke rumah …biatrkan semua mata … tertuju padanya … yu huu …
Seni Tulisan dari benang dan paku


Persiapan Bahan :

a. Paku kecil – ukuran 1 inchi.beli di toko bangunan – misalnya1/4 Kg – minta ukuran 1 dim (panjang 2,5 cm).b. Paluc. Benang rajut Nylon (lebih tipis dari benang rajut Wol tapi lebih tebal daripada benag jahit) – beli beberapa warna,misalnya merah, kuning, dan Hijau (emang lampu merah ? 🙂 Ha .. ha ..d. Guntinge. Papan atau triplek atau cardboard tube / pipa kardus besar yang sudah di ratakan.Ukuran silakan potong sesuaikebutuhan – mau dibikin seberapa besar tulisan yang mau sobat buat.f. Isolasi double tape atau lem

Pics : Honey & Fitz – benang rajut

benang rajut

Seni Tulis dari benang dan paku – Type 1 (Outside Lines)


1. Buatlah tulisan di kertas Hvs- dengan bentuk dan ukuran huruf / angka sesuai selera, lalu gunting kertasseuai bentuk tulisan atau angka tersebut.- Untuk hasil yang maximal rapi danbaik, buatlah tulisan di Ms Word atau program computer lainnya yang sobat suka,lalu cetak / print di kertas dan silakan gunting.
teknik membuat tulisan dari barisan paku2. Tempelkan potongan tulisan kartastersebut diatas lembaran papan atau card board (kardsu keras). Sobat dapat menempelkankertas dengan menggunakan isolasi double tape atau dengan lem – gunakan isolasi/ lem sedikit saja yang penting nempel, sebab sisa lem ataupun bekas isolasinantinya juga harus dibersihkan setelah proses paku memaku.
3. Siapkan paku dan palu … tancapkanlahpaku secara berjajar di sepanjang garis luar huruf atau angka pada kertas.Jarak antar paku bisa dibuat sekitar 2 cm.- Setelah semua paku berjajar tegakmembentuk huruf sesuai potongan kertas … silakan kelupas kertas dari papannya.Bersihkan sisa lem atau sisa rekatan isolasi yang ada agar bersih kembali.- dengan cara yang sama, buatlah barisan paku di bagian pinggir terluar papan / bingkai.

Pic : Zainab N 

4. Saatnya main tarik menarikbenang …Tariklah benang dari 1 paku kepaku lainnya secara lurus dan bersebrangan / berjauhan, serta berselang seling(lihat gambar). Gunakan beberapa benang dengan warna berbeda untuk mengesankan efek pelangi.
5. – Untuk menghindari kendurnyabenang, maka dalam setiap tarikan – benang perlu di putar minimal sekali padapaku lalu barulah menarik kearah paku lainnya.- Setelah semua telah terhubungdengan benang, perhatikan ujung-ujung benang yang mungkin terdapat sisa simpul,potonglah kelebihan panjangnya agar semua tampak rapi.
Terakhir … pajang papan di dinding atautempat lain sesuai selera.

Seni Tulis dari benang dan paku – Type 2 (Inside Lines)
Sekilas terlihat sama saja antaratype 1 di atas dan type 2 di bawah, namun terdapat perbedaan yang signifikanyaitu dalam hal bidang penempatan tarikan benang.Perhatikan bahwa pada type 2 ini… semua tarikan benang dibuat dalam ruang tulisan, sedangkan pada type 1 diatas… tarikan benang berada dalam bidang luar formasi tulisan.sehingga pada type 2 ini – lebih membutuhkan sedikit paku karena tidak memerlukan barisan paku di pinggir bingkai. 
Silakan pilih type mana yangsobat suka … atau para sobat BintangTop.com juga dapat mengkombinasikan keduanya … seperti dalam artikel berikut :
Seni Tulisan GAMBAR dariBENANG dan Paku – Type 3 ( … proses pembuatan artikel … , silakan kembali laginanti ya 🙂

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *