SUPER SIMPLE – Membuat Ayunan/BANDULAN PORTABLE

Pada kesempatan ini, kita akansharing mengenai Bandulan / Ayunan, tidak hanya melulu anak-anak saja yang sukapermainan ini melainkan sebenarnya orang dewasa pun juga senang, terbukti kalauada mainan ayunan yang nganggur, pasti deh bakalan ikut main ayunan ^_^
Sebelumnya, saya sudah pernahmenulis artikel tentang Membuat Bandulan dari Ban Bekas.Dimana bisa dipakai oleh 3 anakkecil sekaligus atau 1 orang dewasa , Namun kali ini …

– Ayunan atau bandulan yang akankita buat adalah jenis ayunan tali tunggal dan portable / mobile dimana bisa dibawa kemana saja tinggal dimasukkandalam tas, lalu dipakai di mana saja di tempat / spot yang memungkinkan.- Pembuatannya bahkan sangat sederhana dan mudah dimana hanyamembutuhkan tali seutas saja.

Chek it Out …
Bikin Bandulan / Ayunan Tali Tunggal Super Sederhana
membuat bandulan dari kayu dan taliCukup sediakan Barang :


a. Tali tamper yang kuat, saya pernahbeli yang ukuran minimal diameter 1 cm atau 1/2 inch … dan terbukti kuat saya pakai ayunan serta olahraga Pull Up ^_^ Pernah saya tulis juga tentang … Aplikasi HP memBantu Olah Raga Pull Up.
– Untuk tali dengan ukuran lebihkecil namun bahkan lebih kuat adalah jenis tali paracord.- Panjang tali minimal 4 mtr – 6mtr, terutama butuh panjang jika dipakai mobile, sebab akan menemui pohon yangberbeda-beda ketinggiannya.
b. Papan Kayu selebar dudukkalian.
Yap … itu saja yang diperlukan , gak ada lagi ? beneran ?

O ya … tentu saja sebatang pohonuntuk menggantung ayunanmu atau palang kayu/besi di rumahmu, atau terserah apayanga da di sekitar pekarangan atau halaman belakang rumah untuk menggantungkanayunan :).
Cara Pembuatan Ayunan yang Gampang :


1. Sediakan / Potong papan menjadibentuk bulat dengan diameter minimal 45 cm atau jika  ukuran kotak setidaknya 40cm x 40cm.
SUPER SIMPLE - Membuat Ayunan/BANDULAN PORTABLE2. Setelahnya, Bila perlu dicatyang bagus gan, atau bisa juga silakan lem bagian atas papan dan tempeli dengansepon / barang lembut lainnya biar empuk dan sobat bisa betah berlama-lama mainbandulan :)Atau … Tidak diapa-apakan jugatidak masalah, yang penting digosok / diamplas saja bagian pinggir / ujungpapan biar tidak kasar.
3. Lubangi bagian tengah /center, jangan pinggir gan – nanti miring, terus tidak imbang lalu sobat jatuhbakal di tertawakan tetangga ^_^Seharusnya dilubangi pakai mesinbor tangan / hand drill, tapi kalau tidak punya pakai saja alat lain yangpenting tali tamparnya nanti bisa masuk.Kalau saya kebetulan punya alatbor kayu manual pakai putaran tangan.
4. Masukkan tali tampar ukuranminimal diameter 1 cm atau tali paracord semisal seri 400 (bermakna bisamenahan 400 Kg).
5. buat simpul dan sisakan bentukmelingkar pada bagian atas dudukan. Jadi nanti simpul lingkar inilah yang nantidigantung.
cara bikin ayunan sederhana
5. Langkah terakhir … Lemparkanujung tali tampar / paracord pada dahan pohon yang kuat atau palang kayu / besidi rumah kalian.Hubungkan 2 ujung tali yangmenjuntai kebawah dan masukkan pada simpul lingkaran yang ada pada dudukanayun.Simpul kan ke dua ujung taliminimal 3x, untuk tali tamper ini tidak perlu kuatir, karena ukuran diameternyayang cukup besar sehingga meskipun disimpul mati 3x tetap mudah kok melepasnya.

Note : Dilarang terlalu tinggi jarak antara dudukan ayunan dengantanah. Buat saja 60 – 70 cm dari tanah demi kemanan, jaga-jaga kalau ada yangjatuh tidak bakalan sakit ^_^

Nah tuch … Sudah bisa main bandulan sekarang, anak-anak pasti padarebutan ^_^

Pics : Charles R

Karena Bandulan ayun tali tunggalini memiliki kelebihan – mobile / portable, maka dapat dibawa dengan tas kemanasaja dan dipasang dimana saja.
Cukup lemparkan talinya padapohon dimana saja, semisal di taman, di kota, di jalan, atau di tempat lain yang sekiranya terdapat dahan/palangbesi/kayu untuk berayun. SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *