TIPS Aman – Modus Curang KASIR Nakal Mini Market & Restoran

BintangTop.com – Tak Disangka … dari investigasiyang dilakukan, ditemukan praktek-paraktek curang dan sengaja oleh para kasirdi beberapa tempat Mini Market, Toko Besar, dan Restoran.
Dari hasil Interogasi dengansalah seorang kasir mini market, mengaku bahwa dirinya sudah bekerja selama 2tahun, dan ikut mempraktekkan penipuan dalam pekerjaanya sebagai kasir adalahjuga hasil pelajaran yang didapat dari pengalaman sesama kasir lainnya.
Berikut adalah beberapa Modus Mengelabui Konsumen / Pembeli yang biasa KasirNakal Lakukan :


1. Uang Kembalian untuk Sumbangan

Menawari uang kembalian beberaparatus rupiah untuk disumbangkan ke lembaga yang bekerja sama dengan mini Marketmereka.Tapi … setelah konsumen pergi, Kembaliantersebut kebanyakan tidak disumbangkan malah di kumpulkan menjadi cukup banyaktiap hari untuk pribadi.
Market Sales manisMungkin uang beberapa ratusrupiah tidak berarti bagi tiap konsumen, tapi karena bisa  dikumpulkan jadi banyak dan amanah yangseharusnya untuk disumbangkan lembaga kemanusiaan malah dimakan sendiri … ini yang tidak bisa diterima.


Dari hasil modus diatas, seorangkasir yang di Interview mengaku bisa mendapatkan omzet 5 ribu s.d. 50 riburupiah / hari … lumayan kan 🙂
2. Tidak Mencetak Struk & Memakai Member Card Sendiri

Modus ini sangat menguntungkankasir lebih banyak, dengan tidak mencetak struk .. si kasir hanya mengetik danmendisplay harga asli barang, setelah konsumen membayar dan pergi … – Si kasir akan mengupdatedisplay tersebut, maka muncullah harga potongan, maka potongan ini bisa diambiloleh sikasir, ada yang muncul beli 2 dapat 1, maka keuntungan ini juga diambiloleh si kasir, ada yang mendapat bonus barang lainnya karena pembelanjaansekian pada produk tertentu, maka barang tersebut juga bisa di ambil oleh sikasir kadang untuk dimakan bersama teman sesama kasir, ada yang bisa dijual diluar.
– Dengan tidak mencetak strukuntuk pembeli, si Kasir akan mencetak struk tersebut menggunakan member cardnya, maka sekaligus hal ini akan menambahkan point dalam kartu membernya,dengan seringnya kasir mencetak struk untuk member cardnya sendiri, pointnyasemakin cepat banyak yang bisa dipakai beli barang di mini market itu sendiri.
3. Dalih Komputer Rusak

Modus ini bisa lebih besar lagi hasilnya… dengan alasan komputer rusak padahal sebenarnya tidak, maka si Kasir akanmenjaring lebih banyak konsumen yang membeli tanpa mendapatkan Struk … setelahsepi barulah kasir dapat menginput sendiri belanjaan sesuai dengan barang yangsudah keluar.
4. Memasukkan Barang pribadi ke pembelanjaan pembeli

Ini cara yang berisiko, makahanya dilakukan oleh kasir pada para pembeli tertentu saja yang terlihat mudahlengah atau tidak teliti (umumnya pembeli cowok :).Caranya … saat orang membelibarang, si kasir menmabahkan item yang biasanya kebutuhan pribadi sepertikosmetika, sabun atau lainnya ke dalam daftar belanjaan pembeli.Setelah pembeli membayar danpergi begitu saja… berarti sukses, si kasir sudh bisa mengambil barang yangdimasukkan list belanja tadi ke dalam tas pribadinya sendiri.
5. Kasir Restoran – Pembeli Rombongan

Untuk Restoran tidak jauh berbedadengan beberapa modus diatas, di tambah modus nomor lima ini yaitu memanfaatkankonsumen rombongan, dimana karena melibatkan orang lebih banyak maka orang yangsatu umumnya kurang hafal dengan apa yang diambil / dimakan oleh teman lainnya,sehingga kasir dapat menambahkan item makanan yang padahal tidak ada yangmengambilnya. Seorang kasir restoran saat di interview mengaku dengan caratersebut bisa me Mark up harga menjadi lebih besar 10 ribu – 50 ribu rupiah.Kalau ada 10 rombongan di hari tersebut ? tinggal kalikan saja jumlah uangkonsumen yang telah di curi haknya.
Target Orang yang Mudah Dikelabui Kasir Curang :

–         Pembeli yang tampak tergesa-gesa-         Pembeli yang malas menghitung / memperhatikan struk-         Pembeli yang sambil mainan hp / perhatiannyateralihkan.
TIPS Terhindar kasir Nakal dan Curang :

  1. Awasi kasir saat menginput data / harga
  2. Pastikan minta Struk
  3. Teliti Struk sebelum meninggalkan Toko.

 PendapatAdmin …Saya yakin sekali … masih jauhlebih banyak orang yang baik dari pada yang tidak, saya masih lebih suka untukberbaik sangka bahwa apa yang ada bisa jadi adalah memang  kesalahan/keteledoran kasir /kerusakankomputer sehingga mati DLL … Yang Paling Penting bagi saya … Teliti untuk kepentingan kitasendiri agar tidak rugi saat membeli … termasuk dengan cara tidak menjadi 3target mudah diatas dan selalu menggunakan 3 Tips diatas …
Saya sendiri pernah ada 2pengalaman yang saya tulis dalam posting lainnya di Teliti Sebelum Membeli –Teliti Juga Sesudah Membeli
Bagaimana dengan kalian, Adakahsobat yang pernah mengalaminya ??. SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *