Stick Panjang dari Kertas – Trik Mudah Bikin Tongkat

Kertas yang tipis dapat dibuatmenjadi stick panjang atau bahkan tongkat yang cukup kuat, dari mulai panjang1/2 meter bahkan sampai 1 meter lebih.para sobat BintangTop.comkemudian dapat menggunakan trik membuat stick ini untuk keperluan …- Stick penabuh drum- mainan anak- pembuatan maket, sepertijembatan dan bagunan atau batang pohonnya- berlatih silat – memutar toya(sehingga aman kalau terpentung badannya :)- Mengganggu / menjahili temanwkk wkk ^_^- dan sebagainya sesuai imajinasikalian.
Trik Membuat Stick / Tongkat panjang dari kertas


Trik Membuat Stick / Tongkat panjang dari kertas
1. Teknik dasar menggulung kertas menjadi kuat

Bukan sembarang melipat,melainkan perhatikan hal berikut :- menggulung kertas harus dariujung sudut kertas (bukan dari sisi pinggiran kertas) lalu bergerak secaramiring / diagonal menuju ujung sudut kertas yang berlawanan.Dengan cara ini, maka akanterbentuk bidang diagonal spiral pada bagian dalam gulungan sehingga berperansebagai tulangan penguat stick.- Gulung kertas dengan menekukknyapertama kali sekecil mungkin, sehingga gulungan benar benar cukup rapat dantidak terdapat rongga yang menyebabkan kekuatan stick berkurang (mudah tepos).

 Teknik dasar menggulung kertas menjadi kuat

2. Ujung akhir penggulungan kertas akan berada ditengah stick, silakandi isolasi agar gulungan tidak terbuka lagi.Stick sobat telah jadi, siapdimanfaatkan sesuai kebutuhan, potong sedikit dengan gunting pada bagian ujungkarena bagian ini kurang kuat.Atau silakan potong dengan ukurantertentu jika memerlukan panjang yang khusus.
Membuat tongkat dari yang kecil sampai yang besar dan kuat3. Tentukan bahan sesuai jenisstick yang di inginkan, antara lain sebagai berikut :- Stick panjang sekitar 35 cm –gunakan kertas Hvs ukuran A4 atau folio- Stick panjang 1/2 meter –gunakan kertas ukuran A3(Dan seterusnya) – Tongkat berdiameter besar dan lebih kuat – Tumpuklah kertas double atau bahkan3 lembar yang di roll sekaligus.- Tongkat panjang 1 meter atau lebih – gunakan beberaparoll kertas yang kemudian disambung dengan isolasi dan menjadi semakin panjangsesuai kebutuhan.Cara menyambung : potong ujung masing-masing roll kertas sekitar 5cm, barulah ditemukan dan diisolasi, untuk lebih kuatnya … bagian sambungan inisebaiknya dibungkus dengan beberapa putaran kertas pendek lalu diisolasi.(ujung kertas roll dipotong 5 cmkarena pada area ini merupakan gulungan kertas paling tipis dan lemah).
Contoh stick kertas untuk miniatur jembatan / maket lainnya.

Nah … hanya dengan kertas yang tipis dan tak bertenaga …Kini para sobat BintangTop.comdapat mengakalinya menjadi tongkat yang kuat. SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *